digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kevin Juan Mokse
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

CV Dipo Mulyo merupakan perusahaan penerbit dan percetakan buku dengan produk berupa buku penunjang pembelajaran PAUD dan buku ajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada tahun 2022, perusahaan mengalami masalah dalam memenuhi pesanan pelanggan yang ditunjukkan dengan kegagalan dalam mencapai target order fulfillment rate. Setelah diidentifikasi lebih lanjut, hal tersebut terjadi karena perusahaan tidak menetapkan alur penerimaan hingga pemrosesan pesanan yang jelas sehingga sering terjadi kesalahan dalam proses pencatatan pesanan dan pembuatan surat perintah kerja. Untuk itu, perlu dirancang proses bisnis penerimaan hingga pemrosesan pesanan yang terstandardisasi untuk CV Dipo Mulyo. Selain itu, pada penelitian ini juga dirancang prototipe sistem informasi yang dapat membantu melakukan pencatatan dan perhitungan yang cepat dan akurat. Penelitian ini diawali dengan pemetaan proses bisnis aktual menggunakan tool CFD (cross functional diagram) dan PCF (Process Classification Framework) dari APQC (American Productivity & Quality Center). Kemudian, dilakukan penentuan ruang lingkup pengembangan sistem informasi dan system improvement objectives untuk menjadi landasan pengembangan sistem informasi bersama dengan identifikasi kebutuhan sistem yang dilakukan setelahnya melalui proses observasi dan wawancara dengan stakeholders perusahaan. Setelah dilakukan identifikasi kebutuhan, selanjutnya dilakukan pemetaan proses bisnis usulan juga menggunakan CFD dan PCF. Selanjutnya, dilakukan perancangan user interface tree untuk menunjukkan bagaimana komponen-komponen antarmuka sistem informasi saling terhubung. Terakhir, sebelum melakukan perancangan prototipe, dilakukan pemodelan data yang terdiri dari context diagram, decomposition diagram, dan data flow diagram, dan pemodelan proses menggunakan tool entity relationship diagram. Penelitian ini menghasilkan rancangan proses bisnis usulan serta prototipe sistem informasi yang mengintegrasikan proses penerimaan hingga pemrosesan pesanan pelanggan dengan status telah diverifikasi dan divalidasi sesuai dengan kebutuhan fungsional. Diharapkan rancangan proses bisnis usulan dan prototipe sistem informasi yang dibuat dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan order fulfillment rate dan menjalankan proses bisnis perusahaan dengan efisien.