digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rippy Maya Andini
PUBLIC Perpustakaan Prodi Arsitektur

Pasar Rakyat memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi sebuah kota. Pertumbuhan dan perkembangan pasar menjadi pusat dari pertukaran barang dan jasa dalam sebuah wilayah, dan menjadi kegiatan ekonomi kota. Pasar menjadi tempat umum, di mana masyarakat dapat membentuk interaksi sosial. Kota Cimahi, yang terletak berdekatan dengan ibu kota Jawa Barat, Kota Bandung, merupakan salah satu lokasi dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang terus meningkat, karena peningkatan jumlah penduduk dan kemajuan kebutuhan produk domestik. Pengeluaran kebutuhan rumah tangga Kota Cimahi mencapai 70,05% dari total komponen PDB. Salah satu faktor yang mempengaruhi ini adalah keberadaan pasar dan berbagai toko. Pasar menjadi sarana utama untuk memenuhi kebutuhan pokok yang tidak akan pernah hilang, meskipun saat ini pasar menghadapi persaingan dengan pusat perbelanjaan modern. Tujuan dari studi ini adalah merancang sebuah pasar dengan menambahkan fasilitas ekonomi kreatif dengan prinsip dan pendekatan Creative Placemaking, melalui penempatan ruang untuk pelaku industri kreatif UMKM yang ada di Kota Cimahi serta menjadikan Pasar Rakyat menuju paradigma baru dengan adanya ekonomi kreatif di dalamnya. Hal ini memungkinkan Pasar Rakyat menjadi tempat berbelanja yang didasarkan pada budaya kreatif dan mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern, karena pada dasarnya Pasar Rakyat adalah salah satu sarana utama untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, memajukan pedagang lokal, serta produksi barang dan jasa lokal.