digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Jeanet Kaori Anggasta Gunawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Etana Biotechnologies Indonesia adalah perusahaan swasta di Indonesia yang bergerak di bidang industri biofarmasi. Saat ini, PT Etana Biotechnologies Indonesia adalah pendatang baru di industri biofarma. Oleh karena itu, kinerja penjualan setiap waktunya sangat penting untuk dapat tetap bersaing. Akan tetapi, pada saat ini kinerja penjualan PT Etana Biotechnologies Indonesia belum baik karena masih mengalami kehilangan penjualan. Menurut kepala divisi bagian penjualan dan pemasaran, salah satu penyebabnya adalah kekosongan stok. Hal ini dikarenakan mereka belum dapat memanfaatkan data yang dimiliki dengan maksimal. Dengan demikian, solusi untuk meningkatkan kinerja penjualannya akan dirancang media visualisasi data berupa dasbor pemantauan stok. Dasbor ini dibuat untuk mendukung proses pengambilan keputusan dan meningkatkan kualitas dari keputusan strategis divisi penjualan dan pemasaran. Proses perancangan dasbor untuk PT Etana Biotechnologies Indonesia dilakukan dengan menggunakan metodologi Eva. Metodologi Eva adalah metode yang dikembangkan dari beberapa metodologi pengembangan dasbor. Metodologi ini dipilih diantara metodologi lainnya karena metodologi ini menggunakan pendekatan campuran, yaitu top-down dan bottom-up. Dengan demikian, proses perancangan dasbor mempertimbangkan KPI perusahaan dan kebutuhan pengguna sebagai dasar dari pembuatan dasbor. Hasil akhir dari metode ini adalah berupa prototipe dasbor. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT Etana Biotechnologies Indonesia, dihasilkan 16 KPI usulan yang digunakan untuk membuat dasbor. Seluruh KPI tersebut merupakan hasil turunan dari 5 KRA. Dari 16 KPI tersebut dihasilkan 7 halaman prototipe dasbor. Dan dari hasil ulasan oleh pengguna, dasbor disempurnakan dengan menambahkan fitur penyaringan pada visualisasi. Prototipe dasbord yang dibuat mendapatkan total skor SUS 70 dan diartikan layak untuk digunakan.