ABSTRAK Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Shafira Putri Alyssa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
UMKM Baiza Sushi merupakan usaha kategori kecil yang menyajikan hidangan khas Jepang.
Baiza Sushi mengalami penurunan pendapatan sejak awal tahun 2022. Pemilik beranggapan
bahwa menurunnya pendapatan diakibatkan oleh performa pemasaran yang menurun. Strategi
pemasaran Baiza Sushi hanya dirancang berdasarkan intuisi tim manajemen. Di samping itu,
Baiza Sushi memiliki beberapa menu unggulan yang memiliki penjualan lebih tinggi
dibandingkan dengan produk lain. Produk tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi dasar
perancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan kembali pendapatan Baiza Sushi. Oleh
karena itu, pada penelitian ini akan dilakukan perancangan usulan strategi pemasaran UMKM
Baiza Sushi berdasarkan tahap siklus hidup produk.
Pertama, dilakukan identifikasi tahap siklus hidup produk Baiza Sushi dengan metode
Analytic Hierarchy Process (AHP). Dengan metode AHP, penanggung jawab store Baiza
Sushi memberikan penilaian subjektif terkait karakteristik untuk penentuan tahap siklus
hidup produk dan diperoleh tahap siklus hidup produk Baiza Sushi yaitu decline. Selanjutnya,
dilakukan identifikasi strategi pemasaran existing Baiza Sushi dengan model strategi
pemasaran berdasarkan tahap siklus hidup produk oleh Kotler & Armstrong (2021) yang
mencakup strategi product, price, distribution, advertising, dan sales promotion. Strategi
yang telah teridentifikasi akan dievaluasi dengan mengidentifikasi tahap siklus hidup produk
yang sesuai untuk masing-masing strateginya. Dari evaluasi yang dilakukan, diperoleh
bahwa strategi product saat ini berada pada tahap growth, strategi price berada pada tahap
introduction, strategi distribution berada pada tahap growth, strategi advertising berada pada
tahap introduction, dan strategi sales promotion berada pada tahap sales promotion. Dari hal
tersebut diperoleh bahwa seluruh strategi memiliki gap dengan strategi pada tahap decline.
Gap tersebut digunakan sebagai dasar perancangan usulan strategi pemasaran untuk
mencapai kondisi ideal pada tahap decline. Usulan strategi pemasaran tersebut adalah untuk
menghapus produk yang lemah, menurunkan harga menjadi lebih rendah dari kompetitor,
dan menunda pembukaan dua cabang baru. Selain itu, diberikan juga usulan strategi
pemasaran untuk kembali pada tahap growth, yaitu melakukan promosi dengan kuat dan
repositioning.