digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Salma Dila Khanza
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Lahan memiliki nilai yang dapat meningkat karena perencanaan dan pengembangan infrastruktur. Selain itu, ekspektasi masyarakat berperan dalam menentukan variasi harga melalui dampak yang diantisipasi akibat pembangunan. Kereta cepat merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang populer dan menjadi salah satu moda transportasi yang banyak dibangun di negara-negara di dunia. Keberadaan kereta cepat dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan, menurunkan biaya perjalanan, dan meningkatkan kemudahan transportasi antar kota di berbagai wilayah,termasuk peningkatan nilai lahan. Kereta.Cepat Jakarta-Bandung merupakan kereta cepat pertama.di Indonesia yang menghubungkan koridor Jakarta – Bandung dengan 4 stasiun, salah satunya Stasiun Kereta Cepat Karawang. KCJB telah dibangun sejak tahun 2016 dan hingga saat ini masih.dalam tahap pembangunan. Saat ini, belum diketahui pengaruh keberadaan Stasiun Kereta Cepat Karawang terhadap harga lahan dan harapan masyarakat pada harga lahan. Penelitian ini menggunakan analisis konten untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi harga lahan dan harapan masyarakat pada harga lahan, lalu dilakukan analisis regresi ordinary least square untuk mengetahui model perubahan harga lahan dan harga lahan yang diharapkan masyarakat di sekitar Stasiun Kereta Cepat Karawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 variabel yang memengaruhi harga lahan di sekitar Stasiun Kereta Cepat Karawang, yaitu lebar jalan depan, fungsi lahan, serta jarak ke fasilitas pendidikan terdekat. Selain itu terdapat 3 variabel yang memengaruhi harga lahan yang diharapkan masyarakat, yaitu pendidikan, rencana menjual lahan, dan rencana fungsi lahan di masa depan. Keberadaan Stasiun Kereta Cepat Karawang belum berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga lahan dan harga lahan yang diharapkan masyarakat di sekitarnya.