ABSTRAK Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
PUSTAKA Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
LAMPIRAN Salma Dila Khanza
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Lahan memiliki nilai yang dapat meningkat karena perencanaan dan pengembangan
infrastruktur. Selain itu, ekspektasi masyarakat berperan dalam menentukan variasi
harga melalui dampak yang diantisipasi akibat pembangunan. Kereta cepat
merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang populer dan menjadi salah satu
moda transportasi yang banyak dibangun di negara-negara di dunia. Keberadaan
kereta cepat dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan, menurunkan biaya
perjalanan, dan meningkatkan kemudahan transportasi antar kota di berbagai
wilayah,termasuk peningkatan nilai lahan. Kereta.Cepat Jakarta-Bandung
merupakan kereta cepat pertama.di Indonesia yang menghubungkan koridor Jakarta
– Bandung dengan 4 stasiun, salah satunya Stasiun Kereta Cepat Karawang. KCJB
telah dibangun sejak tahun 2016 dan hingga saat ini masih.dalam tahap
pembangunan. Saat ini, belum diketahui pengaruh keberadaan Stasiun Kereta Cepat
Karawang terhadap harga lahan dan harapan masyarakat pada harga lahan.
Penelitian ini menggunakan analisis konten untuk mengidentifikasi faktor-faktor
yang memengaruhi harga lahan dan harapan masyarakat pada harga lahan, lalu
dilakukan analisis regresi ordinary least square untuk mengetahui model perubahan
harga lahan dan harga lahan yang diharapkan masyarakat di sekitar Stasiun Kereta
Cepat Karawang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 variabel
yang memengaruhi harga lahan di sekitar Stasiun Kereta Cepat Karawang, yaitu
lebar jalan depan, fungsi lahan, serta jarak ke fasilitas pendidikan terdekat. Selain
itu terdapat 3 variabel yang memengaruhi harga lahan yang diharapkan masyarakat,
yaitu pendidikan, rencana menjual lahan, dan rencana fungsi lahan di masa depan.
Keberadaan Stasiun Kereta Cepat Karawang belum berpengaruh signifikan
terhadap perubahan harga lahan dan harga lahan yang diharapkan masyarakat di
sekitarnya.