digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Keanu Bagus Saputra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Social business merupakan salah satu bentuk social enterprise yang berusaha untuk mencapai dampak sosial dengan berfokus pada keberlanjutan finansial. Konsep ini telah digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah sosial yang ada di dunia, salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, akan makanan. Pada penelitian ini, akan dirancang sebuah social business yang dapat membantu Mahasiswa KIP-K ITB dalam mendapatkan makan siang yang bergizi, secara praktis dan dengan harga yang lebih terjangkau. Tahap awal yang dilakukan dalam merancang sebuah social business adalah mengindentifikasi pain points yang dirasakan oleh Mahasiswa KIP-K ITB ketika memenuhi kebutuhan makan siangnya di kampus ITB Ganesha. Pain points yang ditemukan, akan dijadikan acuan dalam pengembangan model bisnis sosial menggunakan kerangka social model business canvas serta marketing mix agar proses pemenuhan makan siang dapat berjalan secara efisien dan efektif. Setelah melakukan uji coba penjualan pada tanggal 19 s.d. 21 Juli 2023, diketahui bahwa terdapat 12 poin yang perlu dievaluasi. Poin-poin tersebut digunakan untuk memperbaiki rancangan model bisnis sosial dan marketing mix untuk bisnis sosial katering makanan. Selain itu, juga terdapat beberapa risiko dalam keberjalanan bisnis yang harus diantisipasi.