Banyak kelas sosial masyarakat yang tinggal dan hidup dengan ketimpangan di Kecamatan
Parung Panjang. Salah satu contohnya adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Ketimpangan sosial yang dialami Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) menjadi
problematik serius dan perlu dicari solusi yang tepat agar pemerataan sosial dapat tercipta di
Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Aplikasi mobile sebagai media informasi
digital dipilih untuk memperbaiki ketimpangan sosial dengan harapan bisa mengangkat status
sosial Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Di perkembangan era saat ini, seluruh
lapisan masyarakat sudah mengerti dan memahami operasi sistem digital yang berbasis aplikasi
karena disrupsi digital pasca covid-19 sudah merubah hal-hal mendasar perilaku masyarakat.
Oleh karena itu, timbul satu rumusan masalah tentang bagaimana cara merancang aplikasi
mobile yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi bagi Masyarakat Berpenghasilan
Rendah (MBR). Pengambilan data awal menggunakan mixed method yang mengkombinasikan
antara metode kualitatif secara in depth interview kepada beberapa tokoh masyarakat dan juga
metode kuantitatif untuk mengetahui apa saja kebutuhan Masyarakat Berpenghasilan Rendah
(MBR) dengan kurang lebih 30 responden. Proses perancangan aplikasi menggunakan metode
design thinking karena dalam pembuatan aplikasi mengacu pada user oriented dengan tahapan
yang dimulai dari emphatize, define, ideate, prototype dan test. Dari tahapan design thinking
ini dapat mengetahui bahwa mayoritas masyarakat lokal masih menggunakan media
konvensional yang dinilai kurang efektif dalam pemerataan informasi bagi seluruh masyarakat.
Sehingga perancangan aplikasi mobile sebagai media informasi digital menjadi tepat guna.
Untuk tahap pengujiannya (usability testing) yang mengacu pada task base kepada 9 orang
responden. Dari usability testing dapat diketahui tingkat keefektifan dari hasil perancangan
aplikasi mobile sebagai media informasi digital Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di
Kecamatan Parung Panjang.