ABSTRAK CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
PUBLIC  COVER CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
PUBLIC Dewi Supryati
BAB 1 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BBA 5 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA CIO YEMIMA GRACIA MELIALA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pusat kebugaran ABC adalah salah satu brand penyedia tempat kebugaran dengan
pertumbuhan tercepat di industri kesehatan dan kebugaran, dengan sebanyak 62
klub yang tersebar di Asia, dan total 35 klub tersebar di wilayah Indonesia. Saat ini
pusat kebugaran ABC belum mencapai posisinya seperti pada sebelum masa
pandemi. Jumlah pelanggan masih belum mencapai 75% jumlah sebelum seluruh
klub harus ditutup karena pandemi, dan tingkat retensi pelanggan terus turun.
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengelolaan pelanggan yang
optimal sesuai dengan kondisi perusahaan untuk meningkatkan retensi pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan
tinjauan literatur. Wawancara dilakukan dengan Marketing Manager pusat
kebugaran ABC sebagai narasumber untuk mengidentifikasi kebutuhan perusahaan
berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi, fokus pemasaran, serta strategi
pengelolaan perusahaan saat ini. Diketahui saat ini pusat kebugaran ABC berada
pada tahap expansion, fokus pemasaran akuisisi dan retensi pelanggan, dan fokus
perbaikan sistem pengelolaan pelanggan (SPP) pada proses integrasi kanal.
Berdasarkan hasil analisis, dirancang solusi berupa standard operating procedures
(SOP) pemantauan dan pengukuran customer experience di kanal cabang klub.