digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Selama beberapa tahun terakhir, “Buy Now, Pay Later” (BNPL) telah bertumbuh pesat dengan jumlah pengguna mendekati 60 juta di tahun 2022. BNPL adalah jenis pembiayaan jangka pendek yang memampukan konsumen untuk melakukan pembelian dan membayarnya di lain waktu. Dalam membuat keputusan finansial, Generasi Z dipengaruhi oleh literasi keuangan mereka. Namun, index literasi keuangan Indonesia relative rendah sebesar 38.03% dan penelitian terkini menunjukan bahwa Generasi Z memiliki tingkat literasi keuangan yang lebih kecil dibandingkan dengan generasi lain. Selain itu, keputusan seseorang tidak selalu dibuat dengan rasional melainkan dipengaruhi oleh bias perilaku, yang dampaknya terhadap perilaku meminjam belum diteliti secara menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasikan pengaruh literasi keuangan dan lima bias perilaku yaitu illusion of control, pain of paying, overconfidence bias, bandwagon effect, dan present bias terhadap perilaku meminjam pengguna BNPL pada Generasi Z. Data yang digunakan dalam studi ini diperoleh melalui kuesioner yang dibuat oleh peniliti dan dianalisa menggunakan PLS-SEM. Hasilnya menunjukan bahwa literasi keuangan, overconfidence bias dan illusion of control merupakan factor yang mempengaruhi perilaku meminjam pengguna BNPL pada Generasi Z. Hal ini menunjukan bahwa keputusan Generasi Z dalam menggunakan BNPL tidak selalu rasional. Sebaliknya, mereka terpengaruhi oleh kecenderungan mereka untuk menjadi terlalu percaya diri dan ketidaksadaran mereka terhadap seberapa kendali yang sesungguhnya mereka miliki.