digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Khusnul Fauzia Azrina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

SixAsix Coffee, perusahaan rantai kopi global, telah memperluas bisnisnya untuk mencakup makanan dan komoditas di samping penawaran inti produk kopi dan minuman berkualitas tinggi. Penambahan baru ini melengkapi penawaran perusahaan yang ada. Meskipun dianggap sebagai produk komplementer, kategori makanan telah menjadi kontributor terbesar kedua untuk pendapatan perusahaan di Indonesia. Namun demikian, memaksimalkan kinerja kategori makanan merupakan tantangan bagi perusahaan karena biaya makanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya minuman dan fokus utama pelanggan pada pembelian kopi. Studi ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat untuk meningkatkan keinginan membeli makanan dengan menyelidiki faktor-faktor yang berpengaruh yang mendorong pelanggan untuk membeli makanan serta preferensi dan harapan pelanggan mengenai makanan yang ditawarkan di SixAsix Coffee Indonesia. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam yang dilakukan dengan total 16 responden untuk penelitian ini, yang mencakup pelanggan, manajer toko, dan ahli topik. Rekaman audio dari wawancara telah disimpulkan dan dianalisis, dan temuan diatur menjadi kategori sesuai dengan pertanyaan penelitian dan kelompok responden. Temuan penelitian diberikan validitas yang lebih besar sebagai hasil dari penerapan metodologi triangulasi. Lima faktor berpengaruh yang memotivasi pelanggan untuk membeli makanan di SixAsix Coffee telah diidentifikasi sebagai hasil dari analisis tanggapan pelanggan yang diberikan pada wawancara. SixAsix Coffee dapat meningkatkan kinerja makanan, menarik lebih banyak pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitasnya jika terlebih dahulu memperoleh pemahaman tentang pentingnya faktor-faktor yang disebutkan di atas dan kemudian menyesuaikan strategi manajemen internalnya sesuai. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga yang dapat berfungsi sebagai panduan untuk pengembangan strategi yang efektif untuk meningkatkan kontribusi kategori makanan untuk kesuksesan keseluruhan perusahaan.