digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Al-Mahdiyyiin rest area adalah sebuah bisnis keluarga yang dikelola oleh sebuah yayasan. Rest area Al-Mahdiyyiin memeiliki beberapa fasilitas layaknya rest area pada umumnya. Selain itu rest area al mahdiyyiin juga memeliki fasilitas seperti penginapan dan gedung serba guna. Banyak nya fasilitas yang dimiliki oleh Al-mahdiyyin menjadikan sebuah keuntungan bagi Al-Mahdiyyiin, keuntungan dapat berupa diversifikasi revenue stream. Permasalah yang timbul pada Al-Mahdiyyin adalah kurang ter petakannya strategi bisnis dari Al-mahyiddin, sehingga fasilitas yang ada belum termaksimalkan dengan baik. Selain itu keberadaan rest area Al-Mahdiyyiin yang cukup strategis di jalur perlintasan penghubung belum diketahui dengan baik oleh Masyarakat, baik yang sering melintasi jalur tersebut maupun yang belum, menyebabkan Al-Madiyyiin belum dapat mengoptimalkan pendapatannya. Menentuka strategi bisnis baru yang tepat untuk Al-Mahdiyyiin, perlu adanya analisis baik eksternal dan internal yang dapat dipergunakan sebagai dasar yang dapat mengantarkan kepada suatu objektif. VRIO digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi sumber daya dan kapabilitas internal Al-Mahdiyyiin, sehingga dapat membantu mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan membuat keputusan strategis yang lebih baik. Setelah mengetahui kondisi internal, analisis PESTEL digunakan untuk memahami faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan,tetapi dapat memengaruhi strategi internal dari Al-Mahdiyyiin. Dari kedua analisis tersebut ditentukan permasalah utama dari Al-Mahdiyyin yaitu belum adanya strategi bisnis yang baik dalam menjalankan bisnis rest area. Dalam mencari strategi yang tepat, SWOT dan TOWS analisis untuk membantu Perusahaan menentukan strategi bisnis yang efektif. Dengan memahami factor yang ada pada analisis tersebut, Al-Mahdiyyiin dapat membuat keputusan yang tepat, mengalokasikan sumber daya secara optimal, dan meningkatkan peluang mereka untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Analisis-analisis yang dilakukan melahirkan strategi diferensiasi yang dapat mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki Al-Mahdiyyin seperti pengadaan fasilitas dan tenant baru, peningkatan kualitas layanan dan redesign tata letak rest area AlMahdiyyin.