Fashion merupakan fenomena sosial dan gaya hidup yang paling dekat dan terus
berubah di dalam masyarakat. Fenomena ini mudah hadir karena adanya keinginan
untuk selalu terdepan dalam gaya dan selera. Fenomena berkain yang hadir di sosial
media adalah salah satu fenomena fashion yang sedang marak digunakan oleh dewasa
muda sebagai perwujudan identitas budaya Indonesia dengan penggunaan kain
bercorak tradisional. Penelitian terkait fenomena dan tren banyak mengambil dari pola
konsumsi, komunikasi dan bidang lain secara umum, namun penelitian tren terkait
fenomena fashion yang ada dimasyarakat dan diteliti terkait tren fashion kedepannya
sejauh ini belum banyak ditemukan di Indonesia. Tujuan luaran dari penelitian ini
adalah berupaya memperlihatkan latar belakang tren berkain di media sosial dan
merumuskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tren fashion di media sosial.
Analisis yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode netnografi
dan analisis konten dengan analisis tren. Metode netnografi mencoba membuka data
dari sosial media fenomena berkain dilakukan dan analisis konten untuk menjabarkan
konten yang ada di Instagram Swaragembira dan Remaja Nusantara.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya sebagai berikut: latar
belakang gagasan berkain yang ada di Instagram dan siklus tren di Instagram Remaja
Nusantara; Faktor-faktor yang memengaruhi fenomena terjadinya tren berkain dalam
internal media sosial dan eksternal media sosial.