digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fashion merupakan fenomena sosial dan gaya hidup yang paling dekat dan terus berubah di dalam masyarakat. Fenomena ini mudah hadir karena adanya keinginan untuk selalu terdepan dalam gaya dan selera. Fenomena berkain yang hadir di sosial media adalah salah satu fenomena fashion yang sedang marak digunakan oleh dewasa muda sebagai perwujudan identitas budaya Indonesia dengan penggunaan kain bercorak tradisional. Penelitian terkait fenomena dan tren banyak mengambil dari pola konsumsi, komunikasi dan bidang lain secara umum, namun penelitian tren terkait fenomena fashion yang ada dimasyarakat dan diteliti terkait tren fashion kedepannya sejauh ini belum banyak ditemukan di Indonesia. Tujuan luaran dari penelitian ini adalah berupaya memperlihatkan latar belakang tren berkain di media sosial dan merumuskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tren fashion di media sosial. Analisis yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode netnografi dan analisis konten dengan analisis tren. Metode netnografi mencoba membuka data dari sosial media fenomena berkain dilakukan dan analisis konten untuk menjabarkan konten yang ada di Instagram Swaragembira dan Remaja Nusantara. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya sebagai berikut: latar belakang gagasan berkain yang ada di Instagram dan siklus tren di Instagram Remaja Nusantara; Faktor-faktor yang memengaruhi fenomena terjadinya tren berkain dalam internal media sosial dan eksternal media sosial.