digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada bulan Februari dan Mei tahun 2021, jumlah pemain Final Fantasy XIV melonjak drastis setelah dikeluarkannya video game trailer yang menampilkan gambaran pemain khususnya karakter, menggunakan elemen visual untuk menarik penyuka video game. Video game trailer sebagai salah satu transmedia storytelling, menampilkan gambaran dari karakter dan juga narasi yang terdapat pada video game dan digunakan untuk menarik penyuka dan pemain video game. Berbagai macam penelitian terdahulu sudah mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan visualisasi karakter, tipologi dan persona serta pengaruhnya secara emosional terhadap pengguna, namun belum ditemui adanya penelitian yang mengkaji ketertarikan pengguna secara khusus terhadap elemen desain karakter yang ditampilkan pada video game trailer Final Fantasy XIV. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengkaji hubungan antara visualisasi desain karakter dengan ketertarikan pengguna menggunakan pendekatan mixed method berdasarkan MECA (Mixed Emotions and Character Appeal) Model atas data kualitatif hasil analisis konten dan manga matrix serta data kuantitatif hasil kuesioner. Responden yang terlibat berjumlah 151 orang yang terdiri dari penyuka dan pemain dari franchise Final Fantasy dan Final Fantasy XIV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain karakter yang ditampilkan pada trailer sangat menggambarkan peran dari karakter tersebut terutama dari aspek kostum dan aksesoris. Kostum dan aksesoris yang digunakan oleh karakter juga memberikan rasa ketertarikan oleh pengguna terhadap karakter meskipun karakter tersebut merupakan tokoh antagonis.