Pada bulan Februari dan Mei tahun 2021, jumlah pemain Final Fantasy XIV melonjak
drastis setelah dikeluarkannya video game trailer yang menampilkan gambaran pemain
khususnya karakter, menggunakan elemen visual untuk menarik penyuka video game.
Video game trailer sebagai salah satu transmedia storytelling, menampilkan gambaran dari
karakter dan juga narasi yang terdapat pada video game dan digunakan untuk menarik
penyuka dan pemain video game. Berbagai macam penelitian terdahulu sudah mengkaji
hal-hal yang berkaitan dengan visualisasi karakter, tipologi dan persona serta pengaruhnya
secara emosional terhadap pengguna, namun belum ditemui adanya penelitian yang
mengkaji ketertarikan pengguna secara khusus terhadap elemen desain karakter yang
ditampilkan pada video game trailer Final Fantasy XIV. Berdasarkan hal tersebut,
penelitian ini mengkaji hubungan antara visualisasi desain karakter dengan ketertarikan
pengguna menggunakan pendekatan mixed method berdasarkan MECA (Mixed Emotions
and Character Appeal) Model atas data kualitatif hasil analisis konten dan manga matrix
serta data kuantitatif hasil kuesioner. Responden yang terlibat berjumlah 151 orang yang
terdiri dari penyuka dan pemain dari franchise Final Fantasy dan Final Fantasy XIV. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa desain karakter yang ditampilkan pada trailer sangat
menggambarkan peran dari karakter tersebut terutama dari aspek kostum dan aksesoris.
Kostum dan aksesoris yang digunakan oleh karakter juga memberikan rasa ketertarikan
oleh pengguna terhadap karakter meskipun karakter tersebut merupakan tokoh antagonis.