digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP LATIFAH SAFARINA 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Bermain game telah menjadi kebiasaan dan bahkan kebutuhan berbagai lapisan generasi dan semua kalangan masyarakat. Seiring dengan berkembangnya keilmuan desain dan teknologi, telah begitu banyak game dikembangkan telah begitu banyak game dikembangkan dengan perancangan karakter yang menarik, alur cerita yang semakin inovatif, gaya permainan yang semakin variatif, tampilan visual yang semakin baik dan sistem permainan yang beragam. Game Coffee Talk adalah game yang dikembangankan oleh developer game Indonesia Toge Productions. Game visual novel ini dirilis pada 29 Januari 2020 dan mendapat pencapaian yang cukup baik. Game Coffee Talk seperti game visual novel pada umumnya mengedepankan narasi cerita, menggunakan karakter sebagai elemen penting untuk mengantarkan narasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif menggunakan model manga matrix oleh Hiroyoshi Tsukamoto dan archetype oleh Jung untuk mengidentifikasi, menjelaskan dan memberikan pemahaman dalam perancangan desain karakter game Coffee Talk. Hasil dari penelitian menunjukan aspek yang paling mempengaruhi pengembangan karakter dalam game Coffee Talk adalah mitologi dan cerita fantasi, elemen yang beragam digunakan dalam pengembangannya. Setiap karakter memiliki archetype, semua archetype dari Jung ada dalam game Coffee Talk mewakili setiap peran dan kepribadian manusia dalam realita.