Skincare telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir,
dengan meningkatnya minat masyarakat akan perawatan kulit dan penampilan
pribadi. Dalam penelitian ini dilakukan kajian tentang riset pasar suatu produk
skincare anti-aging berbahan alam Indonesia, dengan segmentasi berfokus pada
konsumen berusia 20-45 tahun di 5 kota besar di pulau Jawa. Penelitian dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner pada 408 responden di Jakarta, Bandung,
Yogjakarta, Solo,Surabaya, dengan berbagai gambaran latar belakang usia,
pekerjaan, penghasilan, dan pengeluaran serta informasi tentang permasalahan
kulit, jenis skincare yang mereka gunakan saat ini, serta tempat mereka membeli
skincare. Respons kuesioner diolah dengan metode statistika Chi Square untuk
melihat determinan penting kriteria produk skincare. Hasil menunjukkan adanya
hubungan signifikan (p <0,05) dari karakteristik demografi seperti usia, pekerjaan,
penghasilan, dan pengeluaran dengan permasalahan kulit yang dialami, jenis
skincare, uji efektivitas produk jadi yang merupakan ciri khas dari pengembangan
produk skincare anti-aging, serta wadah kemasan apa yang paling di minati untuk
produk skincare anti-aging yang akan dikembangkan. Data dari penelitian ini
diharapkan dapat digunakan sebagai feedback kepada pihak pengembang produk
skincare anti-aging berbahan alami Indonesia, untuk menghasilkan produk yang
dapat diterima dengan baik oleh segmen pasar sasaran, disamping aman dan efektif.