digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Skincare telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan meningkatnya minat masyarakat akan perawatan kulit dan penampilan pribadi. Dalam penelitian ini dilakukan kajian tentang riset pasar suatu produk skincare anti-aging berbahan alam Indonesia, dengan segmentasi berfokus pada konsumen berusia 20-45 tahun di 5 kota besar di pulau Jawa. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 408 responden di Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Solo,Surabaya, dengan berbagai gambaran latar belakang usia, pekerjaan, penghasilan, dan pengeluaran serta informasi tentang permasalahan kulit, jenis skincare yang mereka gunakan saat ini, serta tempat mereka membeli skincare. Respons kuesioner diolah dengan metode statistika Chi Square untuk melihat determinan penting kriteria produk skincare. Hasil menunjukkan adanya hubungan signifikan (p <0,05) dari karakteristik demografi seperti usia, pekerjaan, penghasilan, dan pengeluaran dengan permasalahan kulit yang dialami, jenis skincare, uji efektivitas produk jadi yang merupakan ciri khas dari pengembangan produk skincare anti-aging, serta wadah kemasan apa yang paling di minati untuk produk skincare anti-aging yang akan dikembangkan. Data dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai feedback kepada pihak pengembang produk skincare anti-aging berbahan alami Indonesia, untuk menghasilkan produk yang dapat diterima dengan baik oleh segmen pasar sasaran, disamping aman dan efektif.