13519069 Muhammad Fikri. N.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan teknologi dalam beberapa dekade terakhir ini semakin pesat dan
memengaruhi sektor pendidikan. Saat ini, pembelajaran pada umumnya
menggunakan metode konvensional seperti penggunaan buku atau layar monitor
untuk mempelajari materi pembelajaran. Teknologi virtual reality membuka
peluang dan kesempatan untuk belajar dengan lebih interaktif sehingga dapat
meningkatkan efektivitas pembelajaran. Materi pembelajaran docker memiliki
banyak arsitektur yang perlu dipahami sehingga virtual reality dapat membuat
pembelajaran lebih interaktif. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menemukan cara
membangun aplikasi virtual reality untuk membantu pembelajaran docker dan
mengetahui efektivitas dari aplikasi ini.
Aplikasi virtual reality dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE dan
pada tahap development digunakan model pengembangan media Luther-Sutopo
yang telah direvisi oleh Iwan Binanto. Aplikasi virtual reality dibuat dengan kakas
Unity dan menggunakan package XR Interaction Toolkit sebagai package untuk
virtual reality.
Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan 60% dari responden merasa bahwa
aplikasi membantu dalam memahami pembelajaran docker dan 40% sisanya merasa
bahwa aplikasi sangat membantu dalam memahami pembelajaran docker. Sebesar
90% responden yang telah menguji aplikasi menyatakan bahwa aplikasi ini
berpotensi besar dalam dunia pendidikan dan dapat dikembangkan lebih lanjut.
Berdasarkan masukan dari hasil pengujian, aplikasi dapat dikembangkan lebih
lanjut untuk penelitian ke depannya.