digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13519069 Muhammad Fikri. N.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan teknologi dalam beberapa dekade terakhir ini semakin pesat dan memengaruhi sektor pendidikan. Saat ini, pembelajaran pada umumnya menggunakan metode konvensional seperti penggunaan buku atau layar monitor untuk mempelajari materi pembelajaran. Teknologi virtual reality membuka peluang dan kesempatan untuk belajar dengan lebih interaktif sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Materi pembelajaran docker memiliki banyak arsitektur yang perlu dipahami sehingga virtual reality dapat membuat pembelajaran lebih interaktif. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menemukan cara membangun aplikasi virtual reality untuk membantu pembelajaran docker dan mengetahui efektivitas dari aplikasi ini. Aplikasi virtual reality dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE dan pada tahap development digunakan model pengembangan media Luther-Sutopo yang telah direvisi oleh Iwan Binanto. Aplikasi virtual reality dibuat dengan kakas Unity dan menggunakan package XR Interaction Toolkit sebagai package untuk virtual reality. Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan 60% dari responden merasa bahwa aplikasi membantu dalam memahami pembelajaran docker dan 40% sisanya merasa bahwa aplikasi sangat membantu dalam memahami pembelajaran docker. Sebesar 90% responden yang telah menguji aplikasi menyatakan bahwa aplikasi ini berpotensi besar dalam dunia pendidikan dan dapat dikembangkan lebih lanjut. Berdasarkan masukan dari hasil pengujian, aplikasi dapat dikembangkan lebih lanjut untuk penelitian ke depannya.