digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TS PP MUHAMMAD YAHYA AYYASY 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Teknologi lingkungan virtual adalah teknologi yang sudah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Beberapa penelitian terdahulu telah menemukan potensi dan keunggulan dari teknologi lingkungan virtual dan multimedia interaktif dalam membantu proses pembelajaran. Penggunaan teknologi lingkungan virtual seperti merekonstruksi peristiwa sejarah ke dalam lingkungan virtual yang di kemas dalam sebuah multimedia interaktif adalah sebuah konsep yang menurut penulis dapat dikembangkan untuk menjadi media baru yang dapat membantu dalam proses pengajaran dan pembelajaran di Indonesia. Penulis memilih pelajaran sejarah Indonesia tentang peristiwa Proklamasi Indonesia untuk siswa kelas XI sebagai studi kasus, yang dilatarbelakangi dari kebutuhan metode belajar yang modern dan lebih menarik. Perancangan ini bertujuan untuk merekonstruksi peristiwa Proklamasi Indonesia dalam multimedia interaktif berbasis teknologi lingkungan virtual 3 dimensi sebagai bahan pembelajaran pendukung mata pelajaran Sejarah Indonesia siswa SMA Kelas XI. Sehingga multimedia interaktif yang dirancang dapat dievaluasi untuk mengetahui bagaimana lingkungan virtual dapat digunakan untuk membantu pembelajaran kurikulum Indonesia. Perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode perancangan double diamond design dan metode pengembangan multimedia untuk pembelajaran formal yang terdiri dari 5 tahap utama; pembuatan konsep dan analisis, desain, material collecting, pembuatan dan pengembangan, dan testing atau penilaian. Dari hasil perancangan ditemukan bahwa multimedia interaktif dengan teknologi lingkungan virtual 3 dimensi memiliki potensi untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran formal. Juga telah dibuat berbagai rekomendasi perancangan yang dikategorikan ke dalam rekomendasi metode, konsep, dan visual. Perancangan ini juga mengembangkan model cara mengolah kurikulum formal dan informasi pembelajaran menjadi unsur narasi, visual, dan interaktif. Hasil akhir berupa prototipe awal multimedia interaktif untuk pembelajaran Sejarah Indonesia mengenai peristiwa sekitar Proklamasi Indonesia untuk siswa SMA kelas 11 juga telah dirancang.