digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Cyntya Naomi Binroos Siregar
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Keberadaan media sosial mengakibatkan beberapa topik menjadi viral, salah satunya adalah penyebaran informasi mengenai makanan. Banyak kelompok, terutama food influencer, memberikan ulasan dan rekomendasi yang menarik minat pengguna media sosial untuk membeli makanan viral. Pegiat bisnis dan pemilik UMKM juga dapat menggunakan momentum keviralan untuk menarik minat konsumen. Tugas Akhir ini memodelkan dinamika minat konsumen terhadap makanan viral yang beredar di pasaran dengan memodifikasi model mangsapemangsa dan meninjau faktor intrinsik dan restoran dari makanan viral, serta pengaruh sosial yang berdampak pada keputusan pembelian. Keviralan dari makanan yang ditinjau direpresentasikan menggunakan kurva Richard. Digunakan hipotesis volume unit untuk menggambarkan level peredaran makanan viral di pasaran dan level minat konsumen terhadap makanan viral. Perilaku dinamika dari sistem yang dibangun diamati menjadi kompartemen level peredaran makanan viral di pasaran dan level minat konsumen terhadap makanan viral. Keberadaan dari kondisi setimbang dan kestabilannnya ditinjau menggunakan analisis nilai eigen dan matriks Jacobi. Analisis numerik menggunakan fungsi logistik dan kurva Richard dipelajari untuk mengilustrasikan hasil dari model yang dibangun. Dari analisis numerik, diperoleh bahwa makanan viral yang mencapai puncak keviralan dalam waktu singkat (fad) cenderung memiliki scaling parameter yang lebih besar dibanding makanan viral yang mencapai puncak keviralan dalam waktu lambat namun seterusnya terintegrasi pada kehidupan masyarakat (tren). Dalam hal mengetahui kecenderungan minat konsumen, dilakukan survei sehingga diperoleh faktorfaktor yang dapat memengaruhi minat konsumen terhadap makanan viral. Dengan mengatur nilai parameter berdasarkan hasil survei, diperoleh pula bahwa semakin suatu faktor dianggap berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh responden, semakin lama pula konsumen berminat pada makanan viral. Dengan kata lain, faktor-faktor yang paling berpengaruh untuk suatu makanan viral tetap diperbincangkan dan menjadi tren adalah rasa dan harga.