ABSTRAK Alifia Navisha Salama
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Megah Medika Pharma merupakan sebuah perusahaan business-to-business yang
bergerak di bidang distribusi alat kesehatan sekali pakai (disposable) dan telah berdiri sejak
tahun 2002. Perusahaan memiliki target untuk dapat menambah cabang setiap tahunnya.
Sayangnya, selama lima tahun terakhir, kondisi keuangan perusahaan tidak stabil dan
mengalami penurunan dengan nilai pendapatan perusahaan di tahun 2022 sebagai yang
terendah, yaitu sebesar Rp123.748.418.791 dengan penurunan pendapatan dibandingkan
tahun 2021 sebesar Rp34.580.209.006. Setelah diselidiki lebih lanjut, jumlah pelanggan
perusahaan hanya mengalami peningkatan di tahun 2020 dan terdapat strategi pemasaran
yang merugikan perusahaan. Oleh karena itu, PT Megah Medika Pharma memerlukan
strategi pengelolaan pelanggan yang tepat agar terhindar dari aktivitas pemasaran yang
merugikan perusahaan secara finansial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang usulan
sistem pengelolaan pelanggan sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan
untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur
sebagai metode pengambilan data. Proses perancangan usulan sistem pengelolaan pelanggan
dimulai dengan mengidentifikasi strategi pemasaran perusahaan, aktivitas pemasaran yang
sedang berjalan, strategi pengelolaan pelanggan saat ini, dan kondisi eksternal perusahaan.
Data-data yang diperoleh dari langkah sebelumnya dievaluasi berdasarkan literatur untuk
mengetahui fokus dari perancangan usulan sistem pengelolaan pelanggan yang tepat dan
sesuai dengan kondisi perusahaan.
Berdasarkan hasil evaluasi, PT Megah Medika Pharma membutuhkan sebuah metode
segmentasi pelanggan untuk membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan yang
menguntungkan dan yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Kemudian, hasil evaluasi
juga menunjukkan bahwa perusahaan belum menjalankan program retensi pelanggan
dengan maksimal. Dengan demikian, penelitian ini merancang sebuah usulan sistem
pengelolaan pelanggan dengan fokus retensi untuk pelanggan yang tergolong ke dalam most
valuable customer.