digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP OCTARINA BUNGA ROSOVA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Self-esteem merupakan penilaian terhadap diri sendiri sebagai individu yang berharga, memiliki kemampuan, dan kompeten, berkaitan dengan bagaimana individu membentuk dirinya. Usia Sekolah Dasar yaitu 6-12 tahun merupakan usia potensial dalam perkembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak, salah satunya self-esteem. Self-esteem yang terlalu tinggi memunculkan sikap arogan dimana anak merasa lebih unggul dan tidak dapat menerima perbedaan. Begitu pula anak dengan self-esteem rendah yang menilai diri dalam sudut pandang negatif tidak terbiasa merasakan perbedaan sebagai hal yang wajar. Pada usia ini anak berada di tahap perkembangan psikososial industry versus inferiority yang dalam lingkungan sosialnya berusaha menghindari perasaan rendah diri dengan cara antusias dan kompetitif mengarahkan energinya pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan intelektual, diikuti masa inferior dimana anak merasa tidak kompeten dan tidak produktif karena ketidakmampuan mencapai target yang diusahakan atau sebagai hasil membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini karena lingkungan anak menjadi lebih kompleks, self-esteem tidak hanya terbentuk dari orang tua tetapi mulai membutuhkan penerimaan dari lingkungan sosial seperti guru dan teman sebaya. Sehingga, dalam upaya membangun healthy self-esteem, anak yang sudah menyadari adanya perbedaan kemampuan dengan orang lain, perlu mengetahui ada pula keberagaman kemampuan yang dimiliki setiap anak. Anak Sekolah Dasar khususnya kelas rendah usia 6-9 tahun paling tepat diedukasi mengenai ini. Penelitian bertujuan membangun healthy self-esteem dengan cara mengedukasi tentang keberagaman kecerdasan pada anak usia 6-9 tahun, agar anak dapat menghargai perbedaan kemampuan antar sesama dan mampu melihat diri sendiri sebagai individu yang berharga. Menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Produk digunakan sebagai media yang diharapkan mampu menyampaikan edukasi mengenai keberagaman kecerdasan dengan tepat dan sesuai untuk anak usia 6-9 tahun.