Esports Indonesia menjadi model bisnis baru dan menjadi industri yang
berkembang pesat semenjak naiknya pengguna online gaming di tahun 2015. Peran
5 pelaku esports sangat penting dalam terbangunnya ekosistem esports di
Indonesia, diantaranya pengembang game esports, pengada acara, organisasi tim
esports profesional, atlet esports profesional dan penikmat serta penonton esports.
Pelaku dalam ekosistem saling bertukar informasi dengan tujuan untuk
mendapatkan sponsorship untuk bertumbuh. Informasi seperti performa pemain,
tim, turnamen yang dibagikan oleh pelaku menjadi hal penting untuk menunjukan
performa ekosistem kepada sponsor. Selain itu, kendala terjadi dalam pengumpulan
data informasi yang masif, padahal informasi yang dibutuhkan dalam setahun
berkala terjadi selama turnamen musim. Untuk mengakomodasi permasalahan dan
kebutuhan tersebut, pada perancangan ini, usulan terkait website berbentuk
direktori bisa menjadi media alternatif arsip dan informasi esports Indonesia.
Penelitian awal dilakukan observasi dengan temuan jenis data informasi turnamen,
tim, dan atlet pemain esports profesional, wawancara dengan pelaku esports untuk
menemukan alur pengguna dalam mencari informasi esports di Indonesia dalam
kurun waktu 5 tahun, studi komparatif dari referensi media serupa dan studi literatur
terkait metode pengumpulan data. Dengan menerapkan metode five planes dari
Garrett dan uji usabilitas heuristic evaluation dari Nielsen berhasil menciptakan
rancangan website dengan bentuk direktori informasi esports Indonesia, meliputi
turnamen, tim dan pemain esports. Rancangan dilakukan dengan 2 kali iterasi dan
2 kali uji usabilitas untuk mendapatkan hasil rancangan user experience dan user
interface yang optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode crowdsource
juga diterapkan dengan merancang strategi mulai dari elemen, bentuk, proses dan
framework crowdsourcing yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku esports.
Faktor kelayakan keputusan pada perancangan ini terletak pada scope, structure,
dan surface plane. Susunan, cara penyjian, navigasi, dan tata letak data informasi
memperkuat ruang lingkup dan struktur website sehingga mempermudah pencarian
informasi. Rancangan gambar, ikon, grafik, dan teks memperkuat relevansi
informasi dengan pengguna. Selain itu, insentif pada metode pengumpulan data
menjadi kunci untuk memotivasi kontribusi pelaku esports dalam platform
crowdsourcing sehingga keterlibatan dalam proses crowdsource terus
berkelanjutan dalam ekosistem esports.