2023_TS_PP_Reyhan Adiva Ramadita_29121466_Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Pendidikan merupakan hal yang esensial bagi seluruh manusia yang memiliki
tujuan mulia secara individual yaitu meningkatkan taraf dan kualitas hidup, serta
secara kolektif yaitu kontribusi sosial demi masyarakat yang lebih sejahtera. Peran
penting dipegang oleh institusi pendidikan formal dengan seperangkat fasilitas
yang mereka miliki demi kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada
segenap siswa mereka. Sekolah dasar yang merupakan jenjang pendidikan pertama
dan utama perlu memastikan bahwa kualitas layanan yang mereka berikan dari
segala aspek dapat berkontribusi secara signifikan bagi seluruh siswa. Konsep
inklusivitas yang merupakan konsep layanan yang ramah bagi semua kalangan
menjadi tren dan daya tarik tersendiri di dunia pendidikan saat ini. Institusi
pendidikan (termasuk sekolah dasar inklusi) yang membutuhkan stabilitas finansial
memerlukan eksekusi bisnis yang baik untuk dapat bertahan menghadapi
persaingan dalam pasar. SD Alfa Centauri yang merupakan salah satu pemain di
dalam industri merasakan ketatnya persaingan di dalamnya. Selama enam tahun
terakhir SD Alfa Centauri belum dapat memenuhi kuota siswa yang mereka terima
sehingga dapat dikatakan performa mereka masih belum optimal. Diperlukannya
pembenahan, evaluasi, dan pembentukan strategi pemasaran yang baik untuk
dapat mendapatkan konsumen, yang mana konsumen sebenarnya adalah orangtua
siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam
pengambilan dan pengolahan data. Analisis bermuara pada dua perspektif,
analisis internal yang menggunakan analisa bauran pemasaran, STP, dan analisis
sumber daya; serta analisis eksternal yang menggunakan analisa pesaing, analiis
industri, analisis lingkungan umum, dan analisa pelanggan. Terdapat temuan pada
analisa pelanggan yakni lingkungan sekolah dan aksesibilitas sekolah merupakan
dua hal yang mempengaruhi niat partisipasi orangtua dalam menyekolahkan anak
mereka di sekolah dasar swasta inklusi. Optimalisasi media sosial, kolaborasi
strategis, penyediaan layanan antar-jemput, optimalisasi pembelajaran yang
berbasis personalisasi, penciptaan lingkungan pembelajaran yang nyaman, serta
pemanfaatan kegiatan di luar kelas merupakan strategi pemasaran yang
dirumuskan pada penelitian ini dengan harapan dapat meningkatkan jumlah
pendaftar dari SD Alfa Centauri