digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendidikan merupakan hal yang esensial bagi seluruh manusia yang memiliki tujuan mulia secara individual yaitu meningkatkan taraf dan kualitas hidup, serta secara kolektif yaitu kontribusi sosial demi masyarakat yang lebih sejahtera. Peran penting dipegang oleh institusi pendidikan formal dengan seperangkat fasilitas yang mereka miliki demi kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada segenap siswa mereka. Sekolah dasar yang merupakan jenjang pendidikan pertama dan utama perlu memastikan bahwa kualitas layanan yang mereka berikan dari segala aspek dapat berkontribusi secara signifikan bagi seluruh siswa. Konsep inklusivitas yang merupakan konsep layanan yang ramah bagi semua kalangan menjadi tren dan daya tarik tersendiri di dunia pendidikan saat ini. Institusi pendidikan (termasuk sekolah dasar inklusi) yang membutuhkan stabilitas finansial memerlukan eksekusi bisnis yang baik untuk dapat bertahan menghadapi persaingan dalam pasar. SD Alfa Centauri yang merupakan salah satu pemain di dalam industri merasakan ketatnya persaingan di dalamnya. Selama enam tahun terakhir SD Alfa Centauri belum dapat memenuhi kuota siswa yang mereka terima sehingga dapat dikatakan performa mereka masih belum optimal. Diperlukannya pembenahan, evaluasi, dan pembentukan strategi pemasaran yang baik untuk dapat mendapatkan konsumen, yang mana konsumen sebenarnya adalah orangtua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pengambilan dan pengolahan data. Analisis bermuara pada dua perspektif, analisis internal yang menggunakan analisa bauran pemasaran, STP, dan analisis sumber daya; serta analisis eksternal yang menggunakan analisa pesaing, analiis industri, analisis lingkungan umum, dan analisa pelanggan. Terdapat temuan pada analisa pelanggan yakni lingkungan sekolah dan aksesibilitas sekolah merupakan dua hal yang mempengaruhi niat partisipasi orangtua dalam menyekolahkan anak mereka di sekolah dasar swasta inklusi. Optimalisasi media sosial, kolaborasi strategis, penyediaan layanan antar-jemput, optimalisasi pembelajaran yang berbasis personalisasi, penciptaan lingkungan pembelajaran yang nyaman, serta pemanfaatan kegiatan di luar kelas merupakan strategi pemasaran yang dirumuskan pada penelitian ini dengan harapan dapat meningkatkan jumlah pendaftar dari SD Alfa Centauri