digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Helena Oktaviana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tugas Akhir ini dibuat untuk dapat mengetahui urutan proses penyusunan strategi perusahaan sampai mendapatkan strategi untuk menanggapi kondisi eksternal dan internal perusahaan. Penyusunan perencanaan strategis sangat penting untuk mengarahkan perusahaan agar lebih fokus dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Menerapkan perencanaan strategis ini juga akan membawa perusahaan ke keadaan yang jauh lebih baik, lebih dekat dengan Visi dan Misi yang ingin dicapai. Industri kafe dan restoran sangat terpukul selama pandemi Covid-19. Kini, setelah jumlah kasus Covid-19 mulai menurun, rasa optimisme akan bangkitnya industri kafe dan restoran kembali meningkat. PT Rasa Terbaik adalah kedai kopi asli Indonesia yang didirikan pada tahun 1991 oleh salah satu market leader industri kopi Indonesia. Menyikapi perubahan pasar dan situasi eksternal yang tidak terkendali, perlu disusun strategi melalui proses perencanaan strategi dengan melihat tren dan situasi yang berkembang. Proyek ini bertujuan untuk merumuskan proses perumusan strategi yang tepat bagi PT Rasa Terbaik dengan melihat perubahan yang terjadi secara eksternal dan kapabilitas yang ada dalam perusahaan. Data yang digunakan pada proyek akhir ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur kepada manajemen puncak PT Rasa Terbaik. Faktor-faktor internal dan eksternal utama diperoleh melalui analisis Internal (analisis VRIN) dan analisis Eksternal (analisis PESTEL dan Porter's Five Forces) kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis SWOT dan matriks TOWS. Dengan menggunakan Matriks TOWS, usulan strategi PT Rasa Terbaik adalah meningkatkan pembangungan kafe stand-alone, Mengembangkan konsep bisnis unik dan modern yang dapat viral di media sosial, Mengembangkan Menu Sehat, Meningkatkan kerjasama internal, Menyelaraskan proses perumusan strategi, Memonitor eksekusi strategi perusahaan, Mengembangkan proses bisnis yang agile, Mengembangkan strategi monitoring dengan menerapkan kerja sama tim yang baik di outlet, Memperkuat manajemen arus kas, Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Mengembangkan kafe dengan tema outdoor, Meningkatkan pengendalian internal, serta Mengembangkan komunikasi perusahaan (untuk internal & eksternal). Menyusun strategi perusahaan yang jelas merupakan dampak baik yang dapat menguntungkan PT Rasa Terbaik dengan menerapkan metode manajemen strategis (formulasi strategi) yang sistematis sehingga setiap orang tahu bagaimana berkontribusi untuk keberhasilan penerapan strategi ini karena semua manajemen puncak menciptakannya bersama