Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Kemampuan manajemen strategis dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan besar,
namun juga usaha kecil dan menengah. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) adalah istilah untuk usaha kecil dan menengah yang digunakan di
Indonesia. Kendala dalam manajemen strategis pemasaran terjadi di salah satu
UMKM di daerah Dago, Bandung yaitu Aurora Beauty Bar. Aurora Beauty Bar
adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan kecantikan yang
menargetkan segmen pelanggan yaitu wanita dari seluruh kalangan usia.
Berdasarkan hasil wawancara dengan divisi pemasaran Aurora Beauty Bar,
aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh divisi pemasaran belum didasarkan oleh
strategi komunikasi pemasaran yang terstruktur. Hal ini ditandai oleh menunjukkan
bahwa pelanggan Aurora Beauty Bar didominasi oleh mahasiswa, publikasi konten
yang tidak merata untuk seluruh layanan. Untuk itu, dibutuhkan komunikasi
pemasaran yang efektif agar seluruh layanan dapat tersampaikan dengan lebih baik
dan pendapatan Aurora Beauty Bar dapat meningkat. Strategi komunikasi
pemasaran dimulai dengan mengidentifikasi strategi korporasi perusahaan,
identifikasi strategi bauran pemasaran existing, dan analisis customer, competitor,
dan company atau analisis 3C, dan aspek kekuatan, kelemahan, ancaman, dan
peluang dari setiap bagian analisis 3C. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis
tersebut, dibentuk matriks SWOT dan identifikasi serta perbaikan strategi
segmentation, targeting, dan positioning (STP), yang selanjutnya dapat dilakukan
perancangan usulan strategi komunikasi pemasaran. Usulan strategi komunikasi
pemasaran yang dihasilkan terdiri dari delapan strategi yang mencakup proses
perawatan, promosi perawatan, Daily Aurorans Interaction, tips and trick untuk
perawatan nail, eyelash, #EduTreatment wax dan facial, foto hasil pengerjaan
perawatan, logo dan keterangan perawatan pada banner studio, dan promosi
influencer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan strategi
bauran pemasaran existing, strategi STP existing beserta perbaikannya, dan usulan
strategi komunikasi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh Aurora Beauty
Bar.