digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Alfred Telaumbanua
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap unit bisnis line maintenance di Garuda Maintenance Facility (GMF) Aeroasia.Kondisi keuangan GMF mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir, dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global dan turbulensi di sektor penerbangan. Merespon tantangan tersebut, GMF melakukan berbagai program efisiensi untuk menstabilkan perusahaan dan meningkatkan penjualan. Meskipun penjualan mulai menunjukkan perbaikan pada tahun 2022, secara umum kinerja keuangan belum mengalami pertumbuhan yang signifikan seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang dominan mempengaruhi penjualan di unit line maintenance, serta merekomendasikan strategi alternatif yang dapat diimplementasikan oleh manajemen untuk mencapai target penjualan di tahun 2024. Metodologi penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan data primer dari sumber internal, sumber eksternal, dan dokumen pendukung lainnya selama periode 2018-2023, serta data sekunder yang diperoleh melalui wawancara untuk memvalidasi dan memperkuat hasil temuan primer. Analisis situasi yang komprehensif menggabungkan faktor eksternal, yang dinilai melalui analisis PESTEL, analisis Five Porter Forces, dan analisis pesaing, serta penilaian internal, termasuk analisis kekuatan internal dan analisis Stakeholder. Analisis ini menghasilkan beberapa temuan yang membutuhkan strategi yang efektif dalma pelaksanaannya. Setiap temuan akan diberi peringkat berdasarkan tingkat kepentingannya, dengan menggunakan data sekunder. Setelah diberi peringkat, dilakukan perumusan strategi dengan menggunkan matriks TOWS.. Penelitian ini merumuskan dua alternatif strategi untuk meningkatkan penjualan di line maintenance. Strategi pertama adalah pendekatan ofensif yang memanfaatkan keunggulan kompetitif GMF dengan menawarkan perawatan khusus di apron dan membatasi pergerakan kompetitor atau pelanggan saat adanya permintan mendedak. Strategi kedua adalah dengan menawarkan harga perawatan yang kompetitif dan paket yang menarik.