Salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini adalah TikTok, begitu
juga di Indonesia. Live streaming adalah fitur terbaru untuk belanja online, dan
TikTok juga memilikinya. Toko dengan live streaming ini terbukti bermanfaat untuk
mendongkrak penjualan beberapa produk, seperti produk kecantikan. Sangat mudah
untuk menemukan live streaming toko TikTok yang menjual perawatan kulit untuk
wanita, tetapi untuk produk perawatan pria, penonton relative sedikit di toko TikTok
dengan live. Hal ini disebabkan oleh pengguna TikTok yang terus menerus keluar dari
sesi live streaming tersebut, sehingga tidak menghasilkan keterlibatan konsumen.
Terdapat satu orang atau lebih, pada live streaming yang membawa keberlanjutan
acara, yang disebut host. Host akan menjadi pusat di acara live streaming, oleh karena
itu mereka akan memandu dan membantu penonton untuk memberikan informasi
tentang produk yang mereka jual. Namun, untuk produk perawatan pria, pengetahuan
tentang host di live streaming TikTok masih sangat terbatas. Berdasarkan penelitian
sebelumnya dan pengetahuan yang diperoleh dari fakta realita, penelitian ini ditujukan
untuk mendapatkan pemahaman tentang faktor-faktor umum yang dapat
mempengaruhi penonton selama sesi live streaming. Terdapat 5 variabel dengan total
6 hipotesis yang akan dianalisis. Variabel tersebut adalah tampilan visual, pendekatan
host (melalui promosi dan humour), interaksi (review produk dan konsultasi),
kepercayaan pada host, dan keterlibatan pelanggan. Variabel-variabel tersebut diuji
dengan survei yang dilakukan terhadap 319 responden, namun sebelumnya dilakukan
pilot test terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan dalam kuesioner valid dan
reliabel dengan SPSS. Setelah data terkumpul, dilanjutkan dengan analisis dengan
metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
tampilan visual, pendekatan host melalui promosi, dan interaksi dengan konsultasi
memiliki hubungan positif atau diterima dengan kepercayaan pada host, sedangkan
pendekatan host melalui humour dan interaksi dengan review produk ditolak.
Terakhir, kepercayaan kepada host itu sendiri memiliki hubungan positif dengan
keterlibatan pelanggan. Hasil pengujian akan dipaparkan sebagai solusi bisnis bagi
host untuk produk perawatan pria yang akan menghadirkan sesi live streaming toko
TikTok. Tampilan visual memiliki pengaruh terhadap penonton produk perawatan
pria, karena pembawa acara yang berpenampilan rapi dan menarik dapat menjadi penilaian profesionaismel dan menjadi bukti bahwa produk perawatan yang mereka
jual efektif jika digunakan. Visual maskulin atau feminin bisa menjadi determinan yang
mempengaruhi konsumen, namun hal ini kembali lagi pada target market masingmasing
produk perawatan pria. Pendekatan host dengan memaparkan promosi akan mempengaruhi
penonton bahwa host ingin memberikan kesepakatan yang lebih baik dengan mereka. Di sisi lain, humor tidak dapat diandalkan untuk pendekatan ini,
karena terdapat berbagai selera lelucon orang yang mungkin dapat disalahartikan
menjadi sesuatu yang dapat merusak kepercayaan antara pembawa acara dan
penonton. Sama halnya dengan interaksi melalui review produk, karena sudah menjadi
kewajiban bagi seorang host untuk bisa menjelaskan tentang produknya kepada
penontonnya, dan saat survey dilakukan hal itu tidak berpengaruh terhadap
kepercayaan pelanggan. Interaksi dengan cara berkonsultasi memiliki arti yang
berbeda dengan interaksi belaka seperti review produk. Interaksi semacam ini
mendekati pelanggan untuk memahami lebih dalam tentang kebutuhan pelanggan dan
produk yang paling cocok untuk mereka. Pendekatan ini akan membuat pelanggan
merasa diperhatikan oleh tuan rumah. Variabel positif tersebut akan meningkatkan
kepercayaan pada host pelanggan dan mengarah ke keterlibatan pelanggan terhadap
live streaming. Keterlibatan ini tidak hanya membuat mereka terus menonton live
streaming, tetapi akan menggunakan fitur-fitur di TikTok live streaming untuk
berkomunikasi dengan host.