digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini adalah TikTok, begitu juga di Indonesia. Live streaming adalah fitur terbaru untuk belanja online, dan TikTok juga memilikinya. Toko dengan live streaming ini terbukti bermanfaat untuk mendongkrak penjualan beberapa produk, seperti produk kecantikan. Sangat mudah untuk menemukan live streaming toko TikTok yang menjual perawatan kulit untuk wanita, tetapi untuk produk perawatan pria, penonton relative sedikit di toko TikTok dengan live. Hal ini disebabkan oleh pengguna TikTok yang terus menerus keluar dari sesi live streaming tersebut, sehingga tidak menghasilkan keterlibatan konsumen. Terdapat satu orang atau lebih, pada live streaming yang membawa keberlanjutan acara, yang disebut host. Host akan menjadi pusat di acara live streaming, oleh karena itu mereka akan memandu dan membantu penonton untuk memberikan informasi tentang produk yang mereka jual. Namun, untuk produk perawatan pria, pengetahuan tentang host di live streaming TikTok masih sangat terbatas. Berdasarkan penelitian sebelumnya dan pengetahuan yang diperoleh dari fakta realita, penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan pemahaman tentang faktor-faktor umum yang dapat mempengaruhi penonton selama sesi live streaming. Terdapat 5 variabel dengan total 6 hipotesis yang akan dianalisis. Variabel tersebut adalah tampilan visual, pendekatan host (melalui promosi dan humour), interaksi (review produk dan konsultasi), kepercayaan pada host, dan keterlibatan pelanggan. Variabel-variabel tersebut diuji dengan survei yang dilakukan terhadap 319 responden, namun sebelumnya dilakukan pilot test terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan dalam kuesioner valid dan reliabel dengan SPSS. Setelah data terkumpul, dilanjutkan dengan analisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tampilan visual, pendekatan host melalui promosi, dan interaksi dengan konsultasi memiliki hubungan positif atau diterima dengan kepercayaan pada host, sedangkan pendekatan host melalui humour dan interaksi dengan review produk ditolak. Terakhir, kepercayaan kepada host itu sendiri memiliki hubungan positif dengan keterlibatan pelanggan. Hasil pengujian akan dipaparkan sebagai solusi bisnis bagi host untuk produk perawatan pria yang akan menghadirkan sesi live streaming toko TikTok. Tampilan visual memiliki pengaruh terhadap penonton produk perawatan pria, karena pembawa acara yang berpenampilan rapi dan menarik dapat menjadi penilaian profesionaismel dan menjadi bukti bahwa produk perawatan yang mereka jual efektif jika digunakan. Visual maskulin atau feminin bisa menjadi determinan yang mempengaruhi konsumen, namun hal ini kembali lagi pada target market masingmasing produk perawatan pria. Pendekatan host dengan memaparkan promosi akan mempengaruhi penonton bahwa host ingin memberikan kesepakatan yang lebih baik dengan mereka. Di sisi lain, humor tidak dapat diandalkan untuk pendekatan ini, karena terdapat berbagai selera lelucon orang yang mungkin dapat disalahartikan menjadi sesuatu yang dapat merusak kepercayaan antara pembawa acara dan penonton. Sama halnya dengan interaksi melalui review produk, karena sudah menjadi kewajiban bagi seorang host untuk bisa menjelaskan tentang produknya kepada penontonnya, dan saat survey dilakukan hal itu tidak berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Interaksi dengan cara berkonsultasi memiliki arti yang berbeda dengan interaksi belaka seperti review produk. Interaksi semacam ini mendekati pelanggan untuk memahami lebih dalam tentang kebutuhan pelanggan dan produk yang paling cocok untuk mereka. Pendekatan ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan oleh tuan rumah. Variabel positif tersebut akan meningkatkan kepercayaan pada host pelanggan dan mengarah ke keterlibatan pelanggan terhadap live streaming. Keterlibatan ini tidak hanya membuat mereka terus menonton live streaming, tetapi akan menggunakan fitur-fitur di TikTok live streaming untuk berkomunikasi dengan host.