
2023_TS_PP_Ranti Kumara Suci_29121392_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Kudimon Healthy Food adalah salah satu UMKM di Bandung yang berfokus pada
snack sehat. Setelah pandemi mereda, Berdasarkan data internal dan informasi dari
manajemen, Kudimon Healthy Food juga menghadapi permasalahan terkait penjualan
6 bulan lalu. Setelah melakukan wawancara mendalam dengan salah satu pemilik
Kudimon Healthy Food, Kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang
tepat adalah salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh Kudimon Healthy
Food. Hal ini bisa disebabkan oleh keterbatasan waktu , sumber daya, atau
aksesibilitas terhadap informasi yang diperlukan. Kurangnya akses ke sejumlah
platform dan media pemasaran yang luas seperti pasar besar dan pelanggan potensial.
Hal ini dapat disebabkan oleh keterbatasan modal, pengetahuan, dan atau
keterbatasan sumber daya manusia. Dalam tulisan ini, penulis melakukan penelitian
kuantitatif dengan melakukan survei pendahuluan dan wawancara mendalam dengan
berbagai pihak sebagai segmen pasar potensial baru bagi Kudimon Healthy Fooduntuk
mencapai penjualan, Kudimon Healthy Foodhanya melakukan penjualan Business to
Consumer (B2C). Penulis juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat
beli calon pasar baru Kudimon Healthy Food. Analisis dilakukan secara internal
menggunakan: Segmenting, targeting and positioning, Marketing mix, VRIO
Framework dan Business Model Canvas, serta analisis eksternal yang terdiri dari
Porter 5 forces, PESTEL analysis, Competitor analysis dan Consumer analysis. Hasil
penelitian penulis, Kudimon Healthy Fooddapat memperluas promosinya dan
menaikkan rating penjualan di market place, menciptakan kehadiran online yang kuat
dan terlibat dengan pelanggan potensial, Kembangkan strategi pemasaran konten yang
efektif dengan membuat konten yang menarik dan informatif untuk situs web dan
platform media social, Diskon atau insentif dapat diberikan kepada pelanggan yang
melakukan pembelian berkali-kali atau merujuk teman ke merek tersebut dan
Tawarkan sampel gratis kepada pelanggan, di dalam toko atau online, yang cenderung
meningkatkan kepercayaan mereka pada produk Anda.