digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kudimon Healthy Food adalah salah satu UMKM di Bandung yang berfokus pada snack sehat. Setelah pandemi mereda, Berdasarkan data internal dan informasi dari manajemen, Kudimon Healthy Food juga menghadapi permasalahan terkait penjualan 6 bulan lalu. Setelah melakukan wawancara mendalam dengan salah satu pemilik Kudimon Healthy Food, Kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang tepat adalah salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh Kudimon Healthy Food. Hal ini bisa disebabkan oleh keterbatasan waktu , sumber daya, atau aksesibilitas terhadap informasi yang diperlukan. Kurangnya akses ke sejumlah platform dan media pemasaran yang luas seperti pasar besar dan pelanggan potensial. Hal ini dapat disebabkan oleh keterbatasan modal, pengetahuan, dan atau keterbatasan sumber daya manusia. Dalam tulisan ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan melakukan survei pendahuluan dan wawancara mendalam dengan berbagai pihak sebagai segmen pasar potensial baru bagi Kudimon Healthy Fooduntuk mencapai penjualan, Kudimon Healthy Foodhanya melakukan penjualan Business to Consumer (B2C). Penulis juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli calon pasar baru Kudimon Healthy Food. Analisis dilakukan secara internal menggunakan: Segmenting, targeting and positioning, Marketing mix, VRIO Framework dan Business Model Canvas, serta analisis eksternal yang terdiri dari Porter 5 forces, PESTEL analysis, Competitor analysis dan Consumer analysis. Hasil penelitian penulis, Kudimon Healthy Fooddapat memperluas promosinya dan menaikkan rating penjualan di market place, menciptakan kehadiran online yang kuat dan terlibat dengan pelanggan potensial, Kembangkan strategi pemasaran konten yang efektif dengan membuat konten yang menarik dan informatif untuk situs web dan platform media social, Diskon atau insentif dapat diberikan kepada pelanggan yang melakukan pembelian berkali-kali atau merujuk teman ke merek tersebut dan Tawarkan sampel gratis kepada pelanggan, di dalam toko atau online, yang cenderung meningkatkan kepercayaan mereka pada produk Anda.