
2023_TS_PP_Muhammad Albiansyah_29121373_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman Ringkasan
PT Djakarta Transport Jaya menghadapi permasalahan laba lima tahun lalu,
salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang
tepat serta keterbatasan akses ke platform marketing yang luas. Penulis melakukan
penelitian kuantitatif melalui survei dan wawancara mendalam dengan segmen
pasar potensial baru yang dapat membantu PT Djakarta Transport Jaya
meningkatkan penjualan di pasar B2B. Penulis juga menganalisis faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi minat beli calon pasar baru PT Djakarta Transport
Jaya. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi solusi bagi PT Djakarta
Transport Jaya dalam meningkatkan laba melalui penerapan strategi pemasaran
yang tepat dan optimasi akses ke platform marketing yang luas. Dengan demikian,
PT Djakarta Transport Jaya dapat menjangkau pasar potensial baru dan
meningkatkan daya saingnya di pasar B2B. Analisis dilakukan secara internal
menggunakan: Segmenting, targeting and positioning, Marketing mix, VRIO
Framework dan Business Model Canvas, serta analisis eksternal yang terdiri dari
Porter 5 forces, PESTEL analysis, Competitor analysis dan Consumer analysis.
Hasil penelitian penulis, PT Djakarta Transport Jaya dapat tekankan jangkauan
yang luas hingga kedaerah pelosok dengan menjungjung tinggi kecepatan dan
keamanan pengiriman pada platform social media. Menggunakan social media
marketing seperti penggunaan IG ADS, FB ADS dan tiktok untuk menjangkau
konsumen baru dengan menonjolkan pada kelengkapan armada. Fokus pada
system pelacakan yang canggih dan kegiatan pelayanan yang dilakukan SDM
Djakarta transport jaya. Memperkuat konten social media dengan topik yang
menarik seperti inovasi teknologi sperti IoT yang digunakan untuk memantau
kinerja dan ketepatan waktu perjalanan kendaraan untuk meningkatakan
kepuasan pelanggang dan terakhir Menjaga harga tetap bersaing dengan
competitor demi menarik minat pelanggang baru dan mempertahankan
pelanggang lama.