ABSTRAK Amira Khoirunnisa Bijaksana
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT. Bersama Zatta Jaya (Elcorps) adalah sebuah holding company yang bergerak di bidang
fesyen muslim sejak tahun 2012. Seiring dengan berkembangnya pasar fesyen, khususnya
fesyen muslim di Indonesia, Elcorps memiliki peluang yang besar dalam berbisnis. Hingga
saat ini, produk dengan penjualan terbanyak dari Elcorps adalah scarf dengan merek Elzatta.
Dengan tren fesyen yang berkembang secara dinamis, pengembangan produk baru perlu
senantiasa dilakukan secara kontinu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Inovasi dan
kreativitas merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan pengembangan produk. Adapun
selama eksekusinya, proses pengembangan produk tidak luput dari berbagai faktor
ketidakpastian internal maupun eksternal. Ketidakpastian tersebut dapat menyebabkan
dampak negatif (risiko) maupun dampak positif (peluang) bagi proses pengembangan
produk.
Untuk dapat mencegah terjadinya dampak negatif yang mungkin muncul dari risiko dan
mendukung pemanfaatan dampak positif dari peluang, diperlukan upaya pengelolaan risiko
dan peluang. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan dan mengembangkan metode
pengelolaan risiko House of Risk (HOR) sebagai model pengelolaan risiko dan peluang pada
proses pengembangan produk. Penelitian ini mengembangkan panduan skala penilaian
peluang yang secara teknis sama dengan penilaian risiko sehingga pengelolaan risiko dan
peluang dapat dilakukan bersamaan maupun terpisah. Hasil akhir dari pengelolaan risiko dan
peluang menciptakan strategi mitigasi risiko dan pemanfaatan peluang.
Proses identifikasi risiko dan peluang diawali dengan mengidentifikasi proses bisnis dan
tujuan strategis proses pengembangan produk perusahaan. Seluruh proses pengambilan data
dilakukan melalui wawancara, diskusi, serta penyebaran kuesioner kepada perwakilan divisi
yang relevan. Penelitian ini berhasil memetakan 4 tujuan strategis, rangkaian proses bisnis
proses pengembangan produk, serta risiko dan peluang dalam bentuk 20 risk event, 37 risk
agent, 8 opportunity event, dan 10 opportunity agent. Hasil akhir dari rangkaian pemetaan
tersebut menghasilkan 11 strategi mitigasi risiko dan 6 strategi pemanfaatan peluang yang
dapat dimanfaatkan oleh Elcorps untuk memperkaya strategi manajemen risiko perusahaan.