digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Amira Khoirunnisa Bijaksana
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT. Bersama Zatta Jaya (Elcorps) adalah sebuah holding company yang bergerak di bidang fesyen muslim sejak tahun 2012. Seiring dengan berkembangnya pasar fesyen, khususnya fesyen muslim di Indonesia, Elcorps memiliki peluang yang besar dalam berbisnis. Hingga saat ini, produk dengan penjualan terbanyak dari Elcorps adalah scarf dengan merek Elzatta. Dengan tren fesyen yang berkembang secara dinamis, pengembangan produk baru perlu senantiasa dilakukan secara kontinu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Inovasi dan kreativitas merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan pengembangan produk. Adapun selama eksekusinya, proses pengembangan produk tidak luput dari berbagai faktor ketidakpastian internal maupun eksternal. Ketidakpastian tersebut dapat menyebabkan dampak negatif (risiko) maupun dampak positif (peluang) bagi proses pengembangan produk. Untuk dapat mencegah terjadinya dampak negatif yang mungkin muncul dari risiko dan mendukung pemanfaatan dampak positif dari peluang, diperlukan upaya pengelolaan risiko dan peluang. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan dan mengembangkan metode pengelolaan risiko House of Risk (HOR) sebagai model pengelolaan risiko dan peluang pada proses pengembangan produk. Penelitian ini mengembangkan panduan skala penilaian peluang yang secara teknis sama dengan penilaian risiko sehingga pengelolaan risiko dan peluang dapat dilakukan bersamaan maupun terpisah. Hasil akhir dari pengelolaan risiko dan peluang menciptakan strategi mitigasi risiko dan pemanfaatan peluang. Proses identifikasi risiko dan peluang diawali dengan mengidentifikasi proses bisnis dan tujuan strategis proses pengembangan produk perusahaan. Seluruh proses pengambilan data dilakukan melalui wawancara, diskusi, serta penyebaran kuesioner kepada perwakilan divisi yang relevan. Penelitian ini berhasil memetakan 4 tujuan strategis, rangkaian proses bisnis proses pengembangan produk, serta risiko dan peluang dalam bentuk 20 risk event, 37 risk agent, 8 opportunity event, dan 10 opportunity agent. Hasil akhir dari rangkaian pemetaan tersebut menghasilkan 11 strategi mitigasi risiko dan 6 strategi pemanfaatan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Elcorps untuk memperkaya strategi manajemen risiko perusahaan.