digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keputusan pembelian adalah pemilihan antara dua opsi atau lebih dan memutuskan apakah akan membeli atau tidak. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh banyak faktor. Merek lokal menjadi topik penting dalam analisis hubungan antara variabel-variabel tersebut akibat COVID-19. Sepatu MKS yang merupakan salah satu sepatu lokal ternama di Indonesia ini memiliki karakter kuat yang banyak digandrungi oleh warga setempat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepatu MKS dan membuat konsumen melakukan pembelian ulang produk tersebut. Peneliti kemudian membuat hipotesis tentang variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepatu MKS. Dalam tinjauan literatur, semua variabel yang dipilih berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pelanggan. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan survei online. Survei online tersebut memperoleh 219 responden yang terdiri dari perempuan dan laki-laki di wilayah Bandung dan Jabodetabek, khususnya generasi muda yang pernah membeli sepatu MKS dan melakukan pembelian ulang. Data tersebut dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS. Penelitian ini menunjukkan bahwa Marketing Mix dan Consumers Nationalism berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan niat pembelian ulang pelanggan karena adanya kepuasan pelanggan. Sedangkan faktor lainnya; Social Media Marketing, KOL (Key Opinion Leader), Word of Mouth (WOM), Brand Image dan Brand Trust berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dan niat pembelian ulang pelanggan.