18219090 Vania Alya Qonita.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kemajuan teknologi telah membawa perkembangan dunia virtual reality dan
Indonesia telah mengikuti tren ini dengan persentase populasi yang signifikan.
Dunia virtual reality memungkinkan adanya perubahan interaksi antara manusia
dengan Teknologi. Dalam ranah politik, terdapat peluang untuk memanfaatkan
virtual reality untuk visualisasi data dalam pemilu yang akan datang, memberikan
wawasan tentang kemenangan kandidat, serta wawasan distribusi suara.
Terdapat penelitian terkait yang menyertakan informasi kebutuhan stakeholders
pada pemilihan umum (pemilu). Melalui data tersebut dilakukan pengembangan
pada visualisasi dalam lingkungan virtual reality 3D. Hasil pemilihan umum pada
Indonesia disajikan dalam bentuk web dengan visualisasi 2D. Sedangkan pada
Inggris Raya terdapat sebuah proyek yang menampilkan hasil pemilihan umum
menggunakan kontrol laptop dalam dunia 3D. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini
dikembangkan visualisasi pemilihan umum menggunakan interaksi virtual reality
dalam dunia 3D.
Dikembangkan sebuah aplikasi visualisasi data pemilu menggunakan Unity.
Aplikasi berjalan pada lingkungan virtual reality dengan kontrol menggunakan
Oculus Quest 2. Pengembangan dimulai dengan proses data acquisition
menggunakan Selenium terhadap data pemilu 2019. Kemudian, dilakukan
modeling dengan visualisasi terkait participant profile yang bersifat tekstual,
participant support map menggunakan choropleth map, dan electability
menggunakan bar chart. Rendering dilakukan untuk membuat aset peta Indonesia
menggunakan blender. Serta physical based animation yang mencakup seluruh
pengembangan pada Unity yang terdiri dari tiga bagian: scene, user interactions,
dan user interface. Pengembangan dilakukan evaluasi menggunakan usability
testing yang berbasis task based scenario terhadap delapan pengguna.