digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219090 Vania Alya Qonita.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Kemajuan teknologi telah membawa perkembangan dunia virtual reality dan Indonesia telah mengikuti tren ini dengan persentase populasi yang signifikan. Dunia virtual reality memungkinkan adanya perubahan interaksi antara manusia dengan Teknologi. Dalam ranah politik, terdapat peluang untuk memanfaatkan virtual reality untuk visualisasi data dalam pemilu yang akan datang, memberikan wawasan tentang kemenangan kandidat, serta wawasan distribusi suara. Terdapat penelitian terkait yang menyertakan informasi kebutuhan stakeholders pada pemilihan umum (pemilu). Melalui data tersebut dilakukan pengembangan pada visualisasi dalam lingkungan virtual reality 3D. Hasil pemilihan umum pada Indonesia disajikan dalam bentuk web dengan visualisasi 2D. Sedangkan pada Inggris Raya terdapat sebuah proyek yang menampilkan hasil pemilihan umum menggunakan kontrol laptop dalam dunia 3D. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dikembangkan visualisasi pemilihan umum menggunakan interaksi virtual reality dalam dunia 3D. Dikembangkan sebuah aplikasi visualisasi data pemilu menggunakan Unity. Aplikasi berjalan pada lingkungan virtual reality dengan kontrol menggunakan Oculus Quest 2. Pengembangan dimulai dengan proses data acquisition menggunakan Selenium terhadap data pemilu 2019. Kemudian, dilakukan modeling dengan visualisasi terkait participant profile yang bersifat tekstual, participant support map menggunakan choropleth map, dan electability menggunakan bar chart. Rendering dilakukan untuk membuat aset peta Indonesia menggunakan blender. Serta physical based animation yang mencakup seluruh pengembangan pada Unity yang terdiri dari tiga bagian: scene, user interactions, dan user interface. Pengembangan dilakukan evaluasi menggunakan usability testing yang berbasis task based scenario terhadap delapan pengguna.