Instagram merupakan platform pemasaran yang signifikan yang memerlukan penerapan praktik pemasaran konten yang efektif oleh bisnis untuk mencegah penolakan pelanggan. Mengakui sifat interaktif media sosial yang memungkinkan komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan, keterlibatan pelanggan menjadi aspek yang sangat penting. Melalui peningkatan keterlibatan pelanggan, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens dan meningkatkan pengenalan merek. Eatzy Indonesia, sebuah perusahaan makanan dan minuman yang berbasis di Bandung, saat ini mengalami keterlibatan pelanggan yang rendah di Instagram, dengan tingkat keterlibatan di bawah standar yang diinginkan dan kurangnya komentar dan suka per posting. Oleh karena itu, Eatzy Indonesia bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik konten merek Instagram dalam industri makanan dan minuman yang dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut dan elemen khusus dalam postingan Instagram yang berkontribusi pada tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, terutama dalam bentuk like dan comment. Metode kualitatif dengan penelitian yang berbasis pada data dilakukan melalui wawancara mendalam semi-struktural dengan 10 pengguna aktif Instagram yang berinteraksi dengan konten Instagram bisnis makanan dan minuman melalui suka atau komentar. Data yang terkumpul melalui penelitian ini dianalisis melalui pengkodean dan triangulasi teoritis untuk validasi. Temuan penelitian mengidentifikasi karakteristik yang berbeda untuk meningkatkan jumlah suka (pendekatan konten personal, kejelasan, kebaruan, integrasi produk, kekayaan informasi, konten remunerasi, pengalaman sensorik) dan komentar (pendekatan konten personal, konten remunerasi, interaktivitas, ketidakadekuatan informasi). Temuan dari penelitian ini akan digunakan sebagai rekomendasi untuk strategi pemasaran konten Eatzy Indonesia dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan di Instagram.