Bisnis pada masa ini telah sepenuhnya berubah seiring dengan semakin banyaknya
informasi dan kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat. Ini berarti bahwa
kini terdapat banyak peluang untuk pengambilan keputusan berbasis data untuk
mengembangkan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi dampak sistem otomasi pemasaran pada saluran komunikasi
pemasaran, dengan pendekatan analisis kuantitatif menggunakan data dari
organisasi yang menerapkan sistem ini.
Penting bagi semua bisnis untuk menggunakan perangkat lunak yang disebut
Otomasi Pemasaran; ini karena perangkat lunak ini membantu dalam
mengotomatiskan tugas-tugas pemasaran yang sifatnya berulang. Misalnya, alihalih mengirim email secara manual atau mengiklankan kepada segmen pelanggan
yang sama dengan posting yang sama, kini hal tersebut dapat diotomatisasikan
menggunakan perangkat lunak otomasi pemasaran bahkan hinga personalisasi
pesan berdasarkan segmen yang berbeda-beda. Dengan cara ini, keterlibatan
pelanggan akan meningkat sehingga menghasilkan tingkat adopsi yang lebih
tinggi, dan pada akhirnya laju pertumbuhan perusahaan akan lebih cepat serta
berpengaruh pada margin keuntungannya yang meningkat signifikan dari waktu ke
waktu.
Penelitian ini akan memberikan kontribusi pengetahuan baru dengan menunjukkan
efek positif yang dibawa oleh tingkat pertumbuhan organisasi akibat adopsi alat
otomasi pemasaran. Berdasarkan temuan ini, dapat dikatakan bahwa begitu
perusahaan memutuskan untuk beralih ke platform otomatis, tingkat efisiensi
mereka mulai meningkat secara dramatis. Temuan menunjukkan bahwa bisnis yang
menggunakan platform otomasi pemasaran untuk pengambilan keputusan berbasis
data memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dan menarik lebih banyak
pelanggan, sehingga meningkatkan kinerja keseluruhan perusahaan. Juga
disebutkan di sini adalah tantangan potensial selama implementasi seperti
mengintegrasikan sistem manajemen data atau menyesuaikan proses seperti isu
kesiapan organisasi terkait hal ini.
Melalui pemeriksaan sejauh mana Otomasi Pemasaran mendukung Pertumbuhan
Bisnis; wawasan yang diperoleh di sini relevan baik dalam lingkup akademis
maupun di antara praktisi yang mencari cara berkelanjutan untuk mencapai tujuan
bisnis melalui saluran komunikasi pemasaran dengan mengakui pentingnya
strategi pemasaran pada informasi dan menandai area di mana otomasi
iv
pemasaran dapat membawa pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Hasilnya
memberikan panduan praktis bagi organisasi yang ingin mengoptimalkan kegiatan
pemasaran mereka dengan mengadopsi strategi yang sukses yang akan
memungkinkan mereka mencapai keunggulan kompetitif dalam jangka panjang
melalui penggunaan sistem otomasi pemasaran yang tepat.