digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SkinCrave hadir di pasar perawatan kulit yang berkembang di Indonesia sebagai merek perawatan kecantikan yang bersih dengan penekanan pada transparansi dan inklusivitas. Untuk mewujudkan nilai inklusivitas tersebut, SkinCrave bertujuan mengembangkan produk perawatan kulit khusus untuk wanita dengan kulit sensitif. Namun, berdasaran penelitian pendahuluan, ditemukan bahwa 80% pasar kulit sensitif sangat selektif dalam membeli produk mereka dan hanya akan membeli produk jika mereka membutuhkannya dengan segera. Selain itu, 90% penjualan produk SkinCrave secara online berasal dari upaya pribadi pemilik untuk menjual produk kepada jaringan mereka, yang membuat SkinCrave kurang dalam penjualan masuk. Oleh karena itu, strategi promosi yang baik diperlukan untuk meningkatkan penjualan lip glaze, produk terbaru dari SkinCrave. Kerangka strategi media sosial oleh Tracy L. Tuten dan Michael R. Solomon digunakan sebagai pedoman metodologi dalam penelitian ini. Dalam kerangka ini, pendekatan kualitatif digunakan dengan memanfaatkan berbagai metode pengumpulan data, termasuk sumber data primer dan sekunder. Wawancara dilakukan dengan 8 wanita dari Generasi Z yang memiliki kulit sensitif. Kemudian, data dianalisis melalui analisis tematik menggunakan program NVIVO. Temuan menunjukkan bahwa individu dengan kulit sensitif yang merupakan persona SkinCrave memiliki pendekatan yang cermat sebelum membeli produk perawatan kulit, karena mereka mencari informasi mendalam dan testimoni dari teman sebaya mereka. Temuan ini menjadi dasar pemahaman dan pembentukan strategi promosi terbaik untuk peluncuran lip glaze. Temuan ini kemudian diaplikasikan dalam strategi promosi yang diusulkan di Instagram untuk peluncuran lip glaze dari SkinCrave, termasuk jangka waktu dan rencana evaluasi yang melibatkan berbagai tahapan dari kesadaran hingga tindakan. Strategi ini meliputi penciptaan konten dan pemasaran melalui influencer. Dari hasil penelitian ini, dapat dikontribusikan pemahaman dalam menciptakan strategi promosi khusus untuk perusahaan-perusahaan perawatan kulit yang pasar sasarannya adalah wanita dengan kulit sensitif.