digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada era digital kini, beberapa hal yang sulit ditinggalkan orang adalah Internet. Sebagian besar perusahaan kecil dan menengah memanfaatkannya dengan menggunakan internet untuk mencapai potensial target pasar secara lokal dan internasional. Indonesia merupakan salah satu target pasar potensial yang besar karena tidak hanya memiliki jumlah warga negara yang lebih besar daripada negara lain dengan daya beli tinggi namun juga memiliki konektivitas internet yang baik. Maka dari itu, bagus untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia memasarkan produknya melalui internet. Sebuah hal akan datang dengan kebaikan dan kelemahan, meski internet bisa menjangkau jangkauan pasar Indonesia yang luas namun internet hanya bisa memberikan komunikasi visual dan verbal sedangkan perilaku pelanggan terhadap produk dan layanan yang dijual juga perlu dicicipi, disentuh atau dibau terlebih dahulu terutama pada produk kecantikan. Jadi, penelitian ini akan menjadi penelitian untuk perusahaan kecantikan yang perlu memasarkan produknya melalui online dalam memanfaatkan pemasaran digital terutama dalam mengatur tampilan produk mereka di website. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menyelesaikan permasalahan yang ada pada perusahaan Duftende. Dengan wawancara pelanggan target Duftende dan juga melakukan benchmark dengan situs pesaingnya, peneliti akan menganalisa minat orang membeli parfum secara online dan juga menunjukkan faktor konten situs yang mempengaruhi orang untuk membeli produk kecantikan secara online. Penelitian ini akan menggunakan analisis isi website untuk membuat indikator output dan analisis kualitatif dalam wawancara semi terstruktur dengan target pasar Duftende untuk membuktikan bahwa hasil analisis isi website akan berjalan jika dilaksanakan di website Duftende.