digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Chalista Andinnesa
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

CV Dipo Mulyo adalah perusahaan yang bergerak pada bidang penerbit dan percetakan buku. Salah satu produk yang diterbitkan dan dijual dalam pasar Business to Business (B2B) adalah produk Dino Kids yang merupakan paket buku ajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam tiga tahun terakhir, penjualan produk Dino Kids stagnan pada rentang tertentu dan mengalami penurunan dari tahun 2020. Setelah diidentifikasi lebih lanjut, hal tersebut karena perusahaan kehilangan banyak pelanggan dan ketidakmampuan perusahaan untuk mengakuisisi pelanggan baru. Untuk itu, perlu dirancang sebuah strategi pengelolaan pelanggan yang dapat mengikat pelanggan sesuai dengan kebutuhan CV Dipo Mulyo. Penelitian ini diawali dengan penilaian implementasi strategi pengelolaan pelanggan saat ini perusahaan melalui audit strategi pengelolaan pelanggan komprehensif dengan fokus pada dua variabel utama yaitu proses pengembangan strategi dan proses penciptaan nilai. Kemudian dilakukan identifikasi STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) perusahaan untuk dapat mengetahui target segmen pelanggan perusahaan. Setelah mengetahui target segmen, dilakukan segmentasi kelompok berdasarkan profitabilitas dan loyalitas pelanggan, identifikasi value proposition menggunakan VPC (Value Proposition Canvas), dan pengetahuan produk pelanggan. Strategi pengelolaan pelanggan yang akan dirancang adalah berupa strategi akuisisi dan strategi retensi, untuk itu perlu dilakukan identifikasi strategi apa saja yang telah dilakukan perusahaan untuk promosi, akuisisi, dan retensi pelanggan. Data-data yang telah didapatkan akan diolah dan dijadikan dasar dalam perancangan strategi pengelolaan pelanggan. Dari hasil penilaian audit strategi pengelolaan pelanggan, didapati komponen strategi pengelolaan pelanggan yang harus dikembangkan adalah penciptaan nilai. Maka, arah pengembangan strategi pengelolaan pelanggan CV Dipo Mulyo adalah proses penciptaan nilai untuk mendukung strategi akuisisi dan retensi pelanggan sesuai dengan STP perusahaan. Berdasarkan arahan tersebut, strategi pengelolaan pelanggan yang dirancang sebagai strategi akuisisi adalah promosi menggunakan video penjelasan fitur produk, sedangkan strategi pengelolaan pelanggan untuk strategi retensi adalah program loyalitas berupa program diskon. Dengan adanya kedua usulan rancangan ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat akuisisi dan retensi pelanggan CV Dipo Mulyo sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang diperoleh perusahaan.