digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Fitra Azriel
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT XYZ merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang IT Services dan telah berdiri sejak tahun 2014. Perusahaan ini telah melayani berbagai klien dan memiliki karyawan hingga 150 orang. Dengan banyaknya klien dan tingginya karyawan, PT XYZ memiliki permasalahan bahwa setiap tahunnya, perusahaan selalu melakukan trial and error terhadap sistem manajemen kinerja yang berdampak pada biaya serta waktu tambahan dalam mengimplementasikan manajemen kinerja. Saat ini, sistem manajemen kinerja eksisting hanya mengukur berdasarkan kemampuan dan pengetahuan karyawan. Hal tersebut menyebabkan ketidakakuratan perusahaan dalam memberikan promosi, kenaikan gaji, bonus, dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini merancang sistem manajemen kinerja yang komprehensif berbasis Balanced Scorecard. Perancangan sistem manajemen kinerja bagi PT XYZ menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode manajemen kinerja ini dilaksanakan dengan melihat empat perspektif dalam bisnis, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Proses perancangan dilakukan dengan mengetahui visi, misi, rencana jangka panjang, dan kondisi aktual perusahaan melalui SWOT. Data tersebut akan menjadi matriks TOWS yang memuat strategi-strategi dan akan diterjemahkan bersama data sebelumnya untuk menjadi sasaran strategis. Hasil tersebut kemudian akan diturunkan hingga menjadi KPI individu. Keluaran dari langkah tersebut berupa peta strategi perusahaan yang diolah menjadi Key Performance Indicator (KPI) di tingkat perusahaan. KPI tersebut kemudian diturunkan ke level kepala departemen. Seluruh perspektif, sasaran strategis, dan KPI individu juga memiliki bobot untuk melihat prioritas perusahaan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil tersebut menjadi dasar dalam perancangan formulir perencanaan, pembinaan, dan penilaian kinerja yang dapat membantu dalam proses manajemen kinerja.