ABSTRAK Muhammad Fitra Azriel
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT XYZ merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang IT Services dan telah berdiri
sejak tahun 2014. Perusahaan ini telah melayani berbagai klien dan memiliki karyawan
hingga 150 orang. Dengan banyaknya klien dan tingginya karyawan, PT XYZ memiliki
permasalahan bahwa setiap tahunnya, perusahaan selalu melakukan trial and error terhadap
sistem manajemen kinerja yang berdampak pada biaya serta waktu tambahan dalam
mengimplementasikan manajemen kinerja. Saat ini, sistem manajemen kinerja eksisting
hanya mengukur berdasarkan kemampuan dan pengetahuan karyawan. Hal tersebut
menyebabkan ketidakakuratan perusahaan dalam memberikan promosi, kenaikan gaji,
bonus, dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini merancang sistem manajemen kinerja
yang komprehensif berbasis Balanced Scorecard.
Perancangan sistem manajemen kinerja bagi PT XYZ menggunakan metode Balanced
Scorecard. Metode manajemen kinerja ini dilaksanakan dengan melihat empat perspektif
dalam bisnis, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan
pertumbuhan. Proses perancangan dilakukan dengan mengetahui visi, misi, rencana jangka
panjang, dan kondisi aktual perusahaan melalui SWOT. Data tersebut akan menjadi matriks
TOWS yang memuat strategi-strategi dan akan diterjemahkan bersama data sebelumnya
untuk menjadi sasaran strategis. Hasil tersebut kemudian akan diturunkan hingga menjadi
KPI individu.
Keluaran dari langkah tersebut berupa peta strategi perusahaan yang diolah menjadi Key
Performance Indicator (KPI) di tingkat perusahaan. KPI tersebut kemudian diturunkan ke
level kepala departemen. Seluruh perspektif, sasaran strategis, dan KPI individu juga
memiliki bobot untuk melihat prioritas perusahaan dengan menggunakan Analytical
Hierarchy Process (AHP). Hasil tersebut menjadi dasar dalam perancangan formulir
perencanaan, pembinaan, dan penilaian kinerja yang dapat membantu dalam proses
manajemen kinerja.