digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219071 Nadya Laurentia.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Sejak pandemi COVID-19, pasar online e-learning terus berkembang secara pesat. Seperti pembelajaran pada umumnya, aktivitas utama dalam e-learning adalah pemberian materi. Bentuk pemberian materi paling dominan pada e-learning adalah teks. Namun, penyajian berupa teks sering menyebabkan penggunaan teknik membaca dangkal yang mengurangi pemahaman terhadap isi teks. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengalaman membaca materi pada platform e-learning adalah mengatur tampilan teks. Pada penelitian ini, dikaji tiga elemen desain visual: font size, horizontal text alignment, dan contrast polarity. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh ketiga elemen terhadap pemahaman pembaca serta kecepatan dan kenyamanan membaca materi pada platform e- learning berbentuk web application. Selain itu, penelitian juga memberikan rekomendasi kombinasi elemen desain visual yang memberikan pengalaman membaca terbaik. Menggunakan metode eksperimental within-subjects design, dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan dua buah variasi dari setiap elemen, yaitu font size 12 dengan 14 point, text alignment left dengan justified, serta contrast polarity positif dengan negatif. Eksperimen diikuti oleh 38 orang partisipan yang berusia 16-22 tahun dengan menggunakan perangkat laptop. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa font size berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pembaca, kenyamanan membaca, dan kecepatan efektif membaca. Sementara itu, horizontal text alignment hanya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pembaca dan kenyamanan membaca sedangkan contrast polarity hanya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pembaca dan kecepatan efektif membaca. Kombinasi elemen desain visual yang efektif untuk meningkatkan pemahaman materi pada platform e-learning adalah font size 14 point, left text alignment, dan contrast polarity positif.