18219071 Nadya Laurentia.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Sejak pandemi COVID-19, pasar online e-learning terus berkembang secara pesat.
Seperti pembelajaran pada umumnya, aktivitas utama dalam e-learning adalah
pemberian materi. Bentuk pemberian materi paling dominan pada e-learning adalah
teks. Namun, penyajian berupa teks sering menyebabkan penggunaan teknik
membaca dangkal yang mengurangi pemahaman terhadap isi teks. Salah satu cara
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengalaman membaca materi pada
platform e-learning adalah mengatur tampilan teks. Pada penelitian ini, dikaji tiga
elemen desain visual: font size, horizontal text alignment, dan contrast polarity.
Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh ketiga elemen terhadap pemahaman
pembaca serta kecepatan dan kenyamanan membaca materi pada platform e-
learning berbentuk web application. Selain itu, penelitian juga memberikan
rekomendasi kombinasi elemen desain visual yang memberikan pengalaman
membaca terbaik. Menggunakan metode eksperimental within-subjects design,
dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan dua buah variasi dari setiap
elemen, yaitu font size 12 dengan 14 point, text alignment left dengan justified, serta
contrast polarity positif dengan negatif. Eksperimen diikuti oleh 38 orang
partisipan yang berusia 16-22 tahun dengan menggunakan perangkat laptop. Hasil
eksperimen menunjukkan bahwa font size berpengaruh signifikan terhadap
pemahaman pembaca, kenyamanan membaca, dan kecepatan efektif membaca.
Sementara itu, horizontal text alignment hanya berpengaruh signifikan terhadap
pemahaman pembaca dan kenyamanan membaca sedangkan contrast polarity
hanya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pembaca dan kecepatan efektif
membaca. Kombinasi elemen desain visual yang efektif untuk meningkatkan
pemahaman materi pada platform e-learning adalah font size 14 point, left text
alignment, dan contrast polarity positif.