digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kota Bandung Kota di Indonesia yang aktif dalam mempromosikan inovasi, penciptaan usaha, dan pendampingan usaha kecil. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan mentor untuk mengembangkan bisnis UMKM. Selain itu, Kota Bandung juga mengadakan berbagai program business coaching untuk para pelaku UMKM. Dengan demikian, UMKM di Kota Bandung dapat mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik. Banyak permasalahan yang dihadapi oleh UMKM akan tetapi salah satu masalah yang sering mereka sampaikan adalah terkait bagaimana mengelola keuangan bisnis. Banyak dari mereka tidak paham dalam mengelola keuangan bisnis mereka dikarenakan literasi keuangan mereka masih rendah. Oleh karena itu, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indicator mana pada literasi keuangan yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja UMKM. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua UMKM yang ada di Kota Bandung berjumlah 8.662. Kemudian diambil sampel sebanyak 199 UMKM yang ada di Kota Bandung dengan menggunakan rumus slovin. Selanjutnya dibagikan kuesioner yang berisi pernyataan kesemua sampel sebagai metode pengambilan data. Untuk metode pengelolahan datanya menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis seperti regresi linear berganda, uji parsial dan koefisien determinasi. Dengan peningkatan financia knowledge dan setelah dilakukan analisa terkait bagaimana pengaruh financial literacy terhadap kinerja UMKM didapatkan hasil secara parsial antara financial knowledge, financial behaviour dan financial attitudes kepada kinerja UMKM berpengaruh positif dan signifikan hal ini terbukti secara uji parsial menghasilkan tingkat signifikansi <0,05 atau juga dibuktikan dengan t hitung financial knowledge 8,887> t table 1,653. Kemudian t hitung financial behavior 7,529> t table 1,653. Dan terakhir nilai t hitung financial attitudes 9,756> t table 1,653. Serta untuk hasil uji koefisien determinasi untuk literasi pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan sebesar 88,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.