2023_TS_PP_Isabella Cynthia_29121146_1Full Thesis (1).pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Indonesia diproyeksikan menjadi negara Asia dengan pertambahan usia tercepat
pada tahun 2025, yang mendorong peningkatan permintaan akan perangkat
medis canggih karena diterapkannya sistem asuransi kesehatan publik. Namun,
regulasi pemerintah yang ketat dan ketergantungan terhadap alat kesehatan
impor telah mendorong terbitnya kebijakan baru yang mendukung produksi lokal.
Perubahan kebijakan yang mendadak ini mempengaruhi banyak perusahaan
dalam industri ini, dimana diperlukan adaptasi cepat.
Untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang PT Sehat Berkah, sebuah
distributor alat kesehatan, studi ini berfokus pada pengembangan perencanaan
skenario untuk mengatasi ketidakpastian dalam industri ini. Data dikumpulkan
melalui wawancara dengan pemangku kepentingan dan digabungkan dengan
dasar-dasar teoritis. Analisis internal menggunakan pandangan Resource Based
View dan analisis VRIO, serta analisis eksternal menggunakan analisis PESTEL
dan Porter’s Five Forces, membantu mengidentifikasi kekuatan penggerak utama.
Di antara 15 kekuatan penggerak yang diidentifikasi, tenaga kerja terampil dan
reputasi perusahaan memiliki dampak dan ketidakpastian yang paling krusial.
Meskipun sifat dinamis industri ini, lingkungan internal yang kuat dapat
memperkuat posisi pasar PT Sehat Berkah, mengurangi dampak kekuatan
eksternal. Empat skenario - Sky High, Missed the Flight, Heavy Turbulence, dan
Mayday - dikembangkan, beserta masing-masing implikasi dan pilihan.
Delapan indikator early warning diidentifikasi, dan PT Sehat Berkah harus
mengejar skenario Sky High untuk keberlanjutan. Manajemen memainkan peran
krusial dalam menyelaraskan strategi dengan kondisi eksternal, memperkuat
posisi pasar perusahaan melalui manajemen reputasi. Hal ini melibatkan
meninjau posisi perusahaan, memantau karyawan, menyediakan pelatihan,
memperbarui rencana strategis, mengevaluasi dukungan pemasok, menangani
keluhan pelanggan, dan meninjau implementasi CAPA.