digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA Bernardino Realino Ivan P
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

LAMPIRAN Bernardino Realino Ivan Pradipta
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

Perkembangan pesat salah satu kawasan pinggir kota Jakarta yaitu Kawasan Cibubur mengakibatkan besarnya jumlah pergerakan menuju dan kembali dari pusat kota yang umumnya diakomodasi oleh transportasi umum BRT TransJakarta trayek 7C (Cibubur-BKN). Sebagai upaya untuk meningkatkan ekosistem transportasi umum di Kawasan sekitar DKI Jakarta dibangun LRT Jabodebek yang memiliki lintas pelayanan Cawang-Cibubur. Melihat adanya kemiripan trayek antara kedua moda, akan menimbulkan dinamika antar moda yang memiliki karakteristik berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LRT Jabodebek Cawang-Cibubur terhadap preferensi pemilihan moda masyarakat pengguna Bus TransJakarta 7C dalam mendukung efisiensi dan optimalisasi transportasi umum dalam beroperasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah model disagregat dengan metode analisis logistik binomial menggunakan aplikasi IBM SPSS 25 berdasarkan survey kuesioner kepada pengguna bus TransJakarta 7C untuk mengetahui faktor yang berpengaruh beserta probabilitas dan sensitivitas. Faktor-faktor yang berpengaruh adalah, kenyamanan moda LRT Jabodebek, pekerjaan, maksud perjalanan, lokasi perjalanan jakarta timur, lokasi perjalanan jakarta barat, lokasi perjalanan jakarta timur, waktu akses, waktu tunggu, tarif kendaraan, tarif keluar, moda akses transportasi umum, moda akses taksi/ojek/konvensional/online, moda keluar kendaraan pribadi, moda keluar transportasi umum, faktor persepsi fasilitas dan kondisi halte, faktor persepsi kepastian waktu dan perjalanan, dan faktor persepsi muatan dari Bus TransJakarta 7C. Probabilitas penggunaan LRT Jabodebek Cawang-Cibubur adalah 64%, sehingga probabilitas penggunaan moda Bus TransJakarta 7C adalah 36%. Besaran pengaruh untuk faktor waktu tunggu dan tarif kendaraan Bus TransJakarta 7C terhadap probabilitas preferensi pemilihan moda memiliki nilai pertambahan atau pengurangan yang kecil, dimana probabilitas terpilihnya LRT Jabodebek masih cenderung lebih besar dibandingkan dengan Bus TransJakarta 7C. Hal ini menunjukan bahwa preferensi pemilihan moda LRT Jabodebek Cawang-Cibubur dan Bus TransJakarta 7C pada saat ini lebih dipengaruhi oleh karakteristik responden atau perjalanan itu sendiri dan antusias besar dari proyek ini.