digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ayu Tristyawati
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan kelompok usaha yang menjadi penggerakan perekonomian Indonesia. Sektor ini juga dinilai memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan kelompok usaha lain, hal ini terbukti ketika terjadi krisis ekonomi pada tahun 1997 di Indonesia. Selain itu kelompok usaha ini juga terus berkembang dengan pesat, tercatat pada tahun 2018 terdapat 64.2 juta di dominasi oleh usaha ultra-micro. Ditengah perkembangan yang begitu pesat, kelompok ini menghadapi kendala-kendala seperti akses ke modal, akses pengetahuan maupun akses pasar. Bank Hikmah Amanah yang merupakan salah satu Bank penyedia layanan pembiayaan untuk ultra micro berusaha untuk membantu para nasabahnya berkembang. Nasabah di bank tersebut selain mendapatkan akses modal, mereka juga mendapatkan akses pengetahuan melalui program pelatihan kewirausahaan dengan memanfaatkan e-learning platform. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas program tersebut untuk mendapatkan perbaikan program. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan kerangka teori Customer Journey 5As. Penelitian dilakukan dengan metode qualitative dengan menggunakan Indepth Interview (IDI) kepada nasabah penerima program. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa program pelatihan kewirausahaan ini belum effective dengan melihat dampak yang dirasakan oleh nasabah dan sejauh mana nasabah memberikan rekomendasi program ini kepada nasabah lainnya.