Dalam bidang perhotelan, sumber daya manusia tidak dapat dipungkiri merupakan aset yang
paling berharga. Para pemimpin di industri ini harus hati-hati mempertimbangkan cara menarik
individu-individu yang luar biasa dan secara efektif memanfaatkan bakat dan potensi karyawan
mereka untuk membantu mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Salah satu pendekatan efektif
untuk meningkatkan kinerja staf adalah dengan menerapkan program pelatihan yang
komprehensif. Dengan membekali karyawan dengan keterampilan dan pengetahuan yang
diperlukan, organisasi dapat memberdayakan tenaga kerja mereka untuk bekerja pada potensi
tertinggi mereka.
Penelitian ini dilakukan di Padma Hotel Bandung, hotel bintang lima yang berlokasi di Bandung.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak program pelatihan
komprehensif terhadap kinerja karyawan hotel secara keseluruhan, dengan fokus singkat pada
dampaknya terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada tamu. Program pelatihan ini
berlangsung selama empat bulan dan mencakup topik-topik penting yang direncanakan dan
diselenggarakan dengan cermat oleh Manajer Pelatihan Korporat. Untuk mengevaluasi
efektivitas program pelatihan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang disempurnakan,
memanfaatkan wawancara mendalam, menganalisis menggunakan metode deskriptif, dan
mengumpulkan data tambahan dari sumber terpercaya seperti jurnal dan catatan internal
perusahaan. Selain itu, peneliti menggunakan Model Kirkpatrick, sebuah kerangka teoritis yang
diakui secara luas untuk mengevaluasi hasil program pelatihan. Temuan penelitian, penulis
menemukan bahwa tujuan utama program pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja
karyawan. Program pelatihan ini telah memberikan kontribusi efektif terhadap peningkatan
keterampilan, pengetahuan, dan kinerja karyawan secara keseluruhan. Hasilnya, peningkatan
kinerja menghasilkan peningkatan kepuasan di antara seluruh tamu yang memilih untuk menginap
di hotel. Pada akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa meskipun program pelatihan yang
dilaksanakan oleh hotel telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, terdapat beberapa aspek yang
memerlukan evaluasi dan perbaikan untuk lebih meningkatkan kualitas program pelatihan inti di
masa depan.