Dalam beberapa tahun terakhir, komunitas game telah berkembang pesat seiring
dengan perkembangan teknologi. Hal ini juga telah meningkatkan popularitas
platform sosial game, terutama Discord, yang menggunakan Voice over Internet
Protocol (VoIP). Penelitian ini membahas pengukuran kualitas layanan jaringan 4G
pada operator seluler Telkomsel, ByU, IM3 Ooredo, 3, XL, LiveOn, AXIS, dan
Smartfren. Serta wilayah server voice chat Discord bagian Singapura, Jepang,
India, dan Hongkong. Penelitian dilakukan di server komunitas game Discord
bernama “Anggur Merah”. Kinerja kualitas layanan diukur menggunakan metode
packet capturing Wireshark untuk Quality of Service (QoS), voice debugging
Discord, serta Mean Opinion Score (MOS) Extended E-Model. Penelitian dimulai
dengan menghitung jarak lokasi Base Transceiver Station (BTS) terdekat dengan
lokasi pengambilan data. Dalam pengukuran tersebut, hasil ping tertinggi
ditemukan di Singapura dengan nilai 118,77 ms dan di ByU dengan nilai 88,61 ms.
Sementara itu, untuk decryption failures tertinggi tercatat di Singapura dengan nilai
0,50 dan di Smartfren dengan nilai 0,32. Untuk routing failures tertinggi terjadi di
Hongkong dengan nilai 0,39 dan di Smartfren dengan nilai 0,67. Selanjutnya, pacer
delay tertinggi tercatat di Jepang dengan nilai 0,12 ms dan di Telkomsel dengan
nilai 0,14 ms. Adapun throughput tertinggi terjadi di Jepang dengan nilai 134,12
Kbps dan di Smartfren dengan nilai 121,20 Kbps. Tingkat packet loss tertinggi
ditemukan di Singapura dengan nilai 0,000333% dan di ByU dengan nilai
0,00001%. Delay tertinggi tercatat di Singapura dengan nilai 19,72 ms dan di
Telkomsel dengan nilai 19,81 ms. Sedangkan jitter tertinggi terjadi di Singapura
dengan nilai 19,50 ms dan di Telkomsel dengan nilai 20,10 ms. Dalam hal MOS,
Singapura sebesar 4.2208 dan Telkomsel sebesar 4.2207. Hasil tersebut menurut
standar ITU-T G.107 termasuk kategori puas.