digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan zaman telah membuat banyak kemajuan dalam cara sebuah merek mempromosikan produknya. Salah satu strategi promosi yang saat ini banyak digunakan oleh merek-merek di Indonesia adalah memanfaatkan fenomena K-Wave (Hallyu). Scarlett Whitening berusaha untuk memanfaatkan peluang ini dengan menjadikan salah satu grup K-Pop populer, Twice, sebagai duta merek mereka. Biaya yang tinggi untuk bekerja sama dengan Twice ini tentu membawa harapan yang tinggi bagi Scarlett Whitening, termasuk bagaimana pengaruh dari duta merek yang mereka pilih terhadap keputusan pembelian dan loyalitas merek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana dimensi (visibility, credibility, attractiveness, dan power) dari Artis K-Pop Twice mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Scarlett Whitening, mengidentifikasi bagaimana dimensi dari Artis K-Pop Twice mempengaruhi loyalitas merek konsumen Scarlett Whitening, dan mengidentifikasi bagaimana kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening memediasikan hubungan antara keputusan pembelian dan loyalitas merek konsumen Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan metode non-probability dan purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 200 orang dengan rentang usia 15-34 tahun yang pernah menggunakan produk Scarlett Whitening dan mengetahui Twice sebagai salah satu duta merek Scarlett Whitening. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada uji coba pendahuluan (pilot testing). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SEM PLS dengan software Smart PLS-4 dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi "visibilityā€¯ dan "power" memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dimensi "credibility" dan "attractiveness" memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dimensi "visibility" dari duta merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, dimensi "credibility", "attractiveness", dan "power" dari duta merek memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas merek, keputusan pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan terakhir kepuasan pelanggan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.