digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

COVER Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB1 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB2 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB3 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB4 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB5 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

BAB6 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

PUSTAKA Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati

Tingginya jumlah penduduk di daerah perkotaan membawa isu penting pada aspek kehidupan dan pembangunan seperti pengangguran, transportasi, dan kualitas lingkungan hidup akibat berkurangnya lahan terbuka atau ruang hijau, penurunan pasokan atau ketersediaan pangan yang memadai dan berkualitas serta perkembangan atau perluasan suatu kawasan perkotaan yang tak terkontrol. Permasalahan ini salah satunya dapat di atasi dengan pertanian perkotaan sekaligus agrowisata. Wisata berbasis pertanian di wilayah perkotaan atau yang dapat disebut agrowisata perkotaan dalam beberapa tahun belakangan mengalami pertumbuhan yang cukup baik dan menjanjikan. PT Sekolah Seniman Pangan Bekasi merupakan perusahaan pangan kreatif yang memiliki bidang bisnis dibidang agrowisata perkotaan dengan nama agrowisata kebun nutrisi. Agrowisata kebun nutrisi mengalami beberapa masalah, diantaranya yaitu pada total pendapatan dan jumlah pengunjung yang tidak tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan perusahaan. Permasalahan lainnya adalah ditemukannya keluhan dari para pengunjung terkait bau yang tercium selama berkegiatan di agrowisata kebun nutrisi sehingga dapat berdampak negatif pada kepuasan dan loyalitas wisatawan. Loyalitas wisatawan dianggap sebagai salah satu elemen penting dari pemasaran wisata karena dapat mendatangkan wisatawan baru dan mempertahankan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke destinasi wisata. Terkait hal ini perlu dipikirkan strategi yang tepat untuk membangun metode pemasaran dengan memanfaatkan berbagai faktor-faktor terkait sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan dan total pendapatan dari agrowisata kebun nutrisi. Oleh karena itu, studi ini akan menguji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas wisatawan agrowisata perkotaan, antara lain citra destinasi, pengalaman wisatawan, kepuasan wisatawan, nilai yang didapatkan wisatawan, motivasi wisatawan, loyalitas terhadap atraksi dan loyalitas wisatawan. Terdapat 26 indikator yang digunakan untuk mengukur 7 konstruk penelitian. Sebanyak 100 data berhasil dikumpulkan dari 19 Maret 2023 hingga 1 April 2023 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang didistribusikan secara daring kepada para pengunjung Agrowisata Kebun Nutrisi PT Sekolah Seniman Pangan menggunakan google form. Data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis bibiliometrik, belum ada