ABSTRAK Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati COVER Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB1 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB2 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB3 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB4 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB5 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati BAB6 Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati PUSTAKA Muhammad Siddiq
PUBLIC Dewi Supryati
Tingginya jumlah penduduk di daerah perkotaan membawa isu penting pada aspek
kehidupan dan pembangunan seperti pengangguran, transportasi, dan kualitas
lingkungan hidup akibat berkurangnya lahan terbuka atau ruang hijau, penurunan
pasokan atau ketersediaan pangan yang memadai dan berkualitas serta
perkembangan atau perluasan suatu kawasan perkotaan yang tak terkontrol.
Permasalahan ini salah satunya dapat di atasi dengan pertanian perkotaan sekaligus
agrowisata. Wisata berbasis pertanian di wilayah perkotaan atau yang dapat disebut
agrowisata perkotaan dalam beberapa tahun belakangan mengalami pertumbuhan
yang cukup baik dan menjanjikan.
PT Sekolah Seniman Pangan Bekasi merupakan perusahaan pangan kreatif yang
memiliki bidang bisnis dibidang agrowisata perkotaan dengan nama agrowisata
kebun nutrisi. Agrowisata kebun nutrisi mengalami beberapa masalah, diantaranya
yaitu pada total pendapatan dan jumlah pengunjung yang tidak tercapai sesuai
dengan target yang telah ditentukan perusahaan. Permasalahan lainnya adalah
ditemukannya keluhan dari para pengunjung terkait bau yang tercium selama
berkegiatan di agrowisata kebun nutrisi sehingga dapat berdampak negatif pada
kepuasan dan loyalitas wisatawan. Loyalitas wisatawan dianggap sebagai salah satu
elemen penting dari pemasaran wisata karena dapat mendatangkan wisatawan baru
dan mempertahankan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke destinasi wisata.
Terkait hal ini perlu dipikirkan strategi yang tepat untuk membangun metode
pemasaran dengan memanfaatkan berbagai faktor-faktor terkait sehingga dapat
meningkatkan jumlah wisatawan dan total pendapatan dari agrowisata kebun
nutrisi. Oleh karena itu, studi ini akan menguji faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi loyalitas wisatawan agrowisata perkotaan, antara lain citra
destinasi, pengalaman wisatawan, kepuasan wisatawan, nilai yang didapatkan
wisatawan, motivasi wisatawan, loyalitas terhadap atraksi dan loyalitas wisatawan.
Terdapat 26 indikator yang digunakan untuk mengukur 7 konstruk penelitian.
Sebanyak 100 data berhasil dikumpulkan dari 19 Maret 2023 hingga 1 April 2023
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebar kuesioner yang didistribusikan secara daring kepada para
pengunjung Agrowisata Kebun Nutrisi PT Sekolah Seniman Pangan menggunakan
google form. Data diolah menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis bibiliometrik, belum ada