digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan pada industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk pariwisata warisan budaya di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan dan dampak lanjutannya pada niat untuk berkunjung kembali dan merekomendasikan destinasi tersebut. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan mengungkapkan bahwa baik cognitive image maupun affective image secara signifikan mempengaruhi citra destinasi secara keseluruhan, dengan affective image memiliki dampak yang lebih besar. Hasil juga menunjukkan bahwa destination image yang positif menghasilkan kepuasan wisatawan yang lebih tinggi, yang secara positif mempengaruhi niat untuk berkunjung kembali dan merekomendasikan Yogyakarta sebagai destinasi warisan budaya. Wawasan ini sangat berharga bagi pemerintah dan bisnis pariwisata untuk mengembangkan strategi dalam meningkatkan potensi pariwisata warisan budaya di Yogyakarta, sehingga berkontribusi pada pemulihan ekonomi daerah pasca-pandemi.