13519184 MuhammadFurqon.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Visualisasi perangkat lunak digunakan untuk menggambarkan metrik perangkat
lunak. Metafora digunakan untuk mempermudah pemahaman dengan
menggunakan metafora objek yang familiar. Visualisasi dengan lingkungan tiga
dimensi (3D) yang imersif seolah-olah dapat melakukan navigasi dan interaksi
yang menyerupai objek pada dunia nyata. Tujuan dari tugas akhir ini adalah
mengembangkan visualisasi dari kode sumber perangkat lunak dengan
menggunakan medium virtual reality dengan tambahan fitur interaksi yang
mampu meningkatkan kinerja (waktu penyelesaian dan akurasi), recollection, dan
pengalaman pengguna. Model visualisasi yang dibuat berbasis metafora kota dan
dapat dijalankan pada perangkat virtual reality tipe head mounted display.
Tugas Akhir ini menggunakan metodologi TRES-D (ThREe dimensional uSer
interface Development) untuk pengembangan perangkat lunak dengan medium
virtual reality. Pada proses awal dilakukan identifikasi dari masalah dengan
memahami kebutuhan dari program yang akan dikembangkan. Setelah itu,
dikembangkan desain fitur interaksi tambahan pada virtual reality secara iteratif.
Desain fitur interaksi diimplementasikan dan di-deploy pada perangkat virtual
reality. Hasil dari program diujikan kepada partisipan dengan melakukan beberapa
tugas pemahaman program.
Hasil dari tugas akhir ini adalah program yang mampu memvisualisasikan metrik
dari kode sumber perangkat lunak dengan menggunakan medium virtual reality
dengan tambahan fitur interaksi. Dari hasil pengujian didapatkan hasil fitur
interaksi yang mampu meningkatkan kinerja (waktu penyelesaian dan akurasi),
recollection, dan pengalaman pengguna dalam beberapa tugas yang diberikan.