PT KAI merupakan satu-satunya perusahaan transportasi berbasis rel di Indonesia yang dikelola oleh BUMN. Layanan utama yang ditawarkan oleh PT KAI adalah transportasi untuk penumpang dan produk, sedangkan bisnis non-intinya adalah real estat, dan anak perusahaannya mencakup enam perusahaan yang menawarkan berbagai layanan. PT KAI saat ini sedang mengalami perubahan yang dapat dilihat dengan adanya perubahan kemitraan PT KAI yang bergerak menuju Global Partnership. Hal ini terlihat dari kerja sama yang dilakukan PT KAI dengan negara lain dalam menjalankan proyek Kereta Cepat Indonesia. Salah satu misi PT KAI adalah menjadi transportasi kereta api berbasis digital. Misi ini merupakan respons bisnis terhadap perubahan yang bergerak ke era digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengunjungi Kantor Pusat PT KAI yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.1, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, dan PT KAI Training Center terletak di dua lokasi, yaitu Jl. Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, dan Jl. Ir. H. Juanda No.215, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Responden penelitian ini adalah karyawan aktif PT KAI yang berjumlah 168 responden. Metode pengumpulan data dilakukan oleh dua event, yaitu Quick Count atau Pooling Priority, dan juga melalui Kuesioner. Data yang diolah kemudian adalah dari 140 responden. Pengurangan data dilakukan karena ditemukan adanya pencilan sebanyak 28 responden atau 16,67% yang diperoleh melalui pemeriksaan dengan alat SPSS 26 dengan metode Casewise Diagnostik. Peneliti juga memberikan solusi untuk mengubah isu sehingga PT KAI lebih siap menghadapi era perubahan di masa depan, terdiri dari PT KAI Goes International melalui English Habits, dan Work Abroad Opportunities for PT KAI's Top Talent, Transforming Service Quality and Security dengan memaksimalkan penggunaan AI dan Renewable Technology di semua proses Bisnis, Menciptakan Sinergi (Termasuk BUMN) melalui aliansi strategis yang harmonis dan kolaboratif dengan perusahaan BUMN lainnya, Global Partnership sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik bagi Indonesia dengan membuka diri terhadap adanya skema bisnis kemitraan Global, Revitalisasi stasiun menjadi stasiun multifungsi untuk merespon era perubahan dengan mewujudkan konektivitas transportasi antarmoda, serta pembangunan dan integrasi perkotaan, Reaktivasi jalur kereta api yang tidak aktif untuk kebutuhan sebagai pemicu pengembangan pariwisata, Mengembangkan rel kereta api yang dapat digunakan sebagai pemicu pengembangan wilayah dengan Melengkapi solusi transportasi yang ada melalui pembangunan rel baru, Pemahaman dan Penerapan Lintas Budaya, dan Penguasaan Digital Teknologi Digital baru.