digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB1 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB2 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB3 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB4 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB5 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB6 Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Karima Tamara
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi bahan kimia khusus. Seiring dengan berkembangnya industri bahan kimia di Indonesia, jumlah transaksi PT X juga semakin bertambah setiap tahunnya. Sayangnya, semakin berkembangnya bisnis PT X ini mengakibatkan PT X kesulitan dan kewalahan dalam memenuhi pesanan yang datang. Tidak adanya pengaturan yang baik terkait pemenuhan pesanan konsumen juga mengakibatkan performansi dari PT X menurun. Berdasarkan identifikasi akar permasalahan, terdapat berbagai permasalahan yang saling berhubungan seperti kurang teraturnya alur informasi dan tidak terintegrasinya proses dokumentasi pemenuhan pesanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan perbaikan proses bisnis dengan business process improvement. Perbaikan proses bisnis PT X ini bertujuan untuk melakukan evaluasi proses bisnis yang terjadi saat ini dan menentukan rancangan perbaikan solusi yang dibutuhkan. Dalam melakukan perbaikan proses bisnis, dilakukan langkah-langkah seperti menentukan prioritas proses bisnis dengan process prioritization matrix, membuat dokumen yang menentukan cakupan perbaikan proses bisnis, memetakan proses bisnis yang ada saat ini dengan process classification framework dan business process modelling notation, dan melakukan redesain proses bisnis dengan improvement technique wheel. Berdasarkan prioritasi proses, didapatkan fokus perbaikan proses bisnis pada penelitian ini adalah pada proses bisnis inbound logistics, operasional, dan outbound logistics. Perbaikan proses bisnis dengan improvement technique wheel difokuskan pada 6 aspek yaitu mengurangi birokrasi, mengeliminasi duplikasi, melakukan simplifikasi, mengeliminasi akitvitas non-value added, mengevaluasi waktu siklus, dan menggunakan alat bantu otomasi. Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan perbaikan pada 6 aktivitas proses bisnis yang mengandung birokrasi, 3 aktivitas proses bisnis yang dilakukan berulang-ulang, 5 aktivitas proses bisnis yang dapat dilakukan simplifikasi, dan 6 aktivitas proses bisnis yang dapat dibantu dengan otomasi.